Dark/Light Mode

Berdiri Dari Duduk Ternyata Bisa Aktifkan Molekul Harapan

Minggu, 10 Maret 2024 06:49 WIB
Terlalu lama duduk dapat membahayakan kesehatan. (Foto: Net)
Terlalu lama duduk dapat membahayakan kesehatan. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ahli Biologi Molekuler Riza A Putranto mengingatkan pentingnya aktif bergerak, untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Beberapa studi menunjukkan pentingnya aktif bergerak, karena beberapa mekanisme tubuh dibantu oleh molekul bernama miokin. 

Miokin acap kali disebut sebagai "molekul harapan", karena pergerakan tubuh dapat membuat berbagai jaringan dan organ bekerja dengan baik.

"Berdiri dari duduk dan bergerak, dapat menginduksi pelepasan miokin dari kontraksi sel-sel otot kamu. Setelahnya, miokin dilepaskan ke pembuluh darah ke seluruh tubuh," jelas Riza via Instagram.

Baca juga : Formula 1, Ferrari Kini Bisa Andalkan Oliver Bearman

Studi juga menunjukkan, miokin mampu menginduksi anti-peradangan tubuh, perbaikan metabolisme gula dan lemak hingga regulasi mood di otak kamu.

"Jika Anda punya smart watch digital, pasti sering diingatkan untuk segera berdiri dari duduk? Sebuah peringatan sederhana, yang manfaatnya ternyata besar sekali," papar Riza.

"Molekul harapan ini mengingatkan kita bahwa as long as you try, there is always hope. Selama kamu mau berusaha, selalu ada jalan," pungkasnya.

Dampak Kelamaan Duduk

Baca juga : Dari Perut Bisa Ke Mana-mana

Duduk terlalu lama seperti bekerja di depan komputer, menyetir, menghabiskan waktu berjam-jam dalam kemacetan, dan terlalu lama nonton TV memiliki dampak yang tidak baik terhadap kesehatan tubuh. Apalagi, jika tidak diimbangi dengan pola makan sehat dan berolahraga.

Merujuk situs resmi WebMD, terlalu lama duduk antara lain dapat membahayakan kesehatan jantung, memperpendek usia, memunculkan trombosis vena dalam, dan meningkatkan risiko kanker. Serta memicu obesitas, demensia atau pikun, diabetes, varises, nyeri punggung, dan kecemasan.

Karena itu, mulailah membiasakan diri untuk memperbanyak gerak. Lakukan aktivitas fisik ringan di sela-sela pekerjaan Anda, seperti mengisi gelas atau botol minum ke pantry, berjalan di sekitar kantor sambil berinteraksi dengan rekan kerja, menggunakan tangga ketimbang lift, dan melakukan peregangan tubuh setiap 2-3 jam sekali selama 5-10 menit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.