Dark/Light Mode

Koleksi Batik Desainer Merdi Bikin Takjub Di Melbourne Fashion Festival 2024

Rabu, 27 Maret 2024 09:28 WIB
Koleksi batik Banyuwangi dengan teknik pewarnaan alami dari tumbuhan ala desainer Merdi Sihombing di ajang Melbourne Fashion Festival 2024. (Foto : Ist)
Koleksi batik Banyuwangi dengan teknik pewarnaan alami dari tumbuhan ala desainer Merdi Sihombing di ajang Melbourne Fashion Festival 2024. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desainer fesyen asal Indonesia Merdi Sihombing kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang bergengsi, Melbourne Fashion Festival 2024.

Untuk kali kedua, Merdi Sihombing tampil dalam Global Indigenous Runway bagian dari PayPal - Melbourne Fashion Festival yang kali ini bertempat di Melbourne Museum di Australia.

Koleksi terbarunya mengangkat motif Batik dan Purun, hasil kolaborasi unik  Merdi Sihombing dan pembatik terkemuka dari Banyuwangi. 

Motif-motif batik baru ini dibuat dengan memadukan kekhasan Batik Banyuwangi dengan teknik pewarnaan alami dari tumbuhan endemik di daerah tersebut. 

Baca juga : Gebrakan Pj Bupati Apriyadi, Bikin Seluruh Desa Di Muba Dialiri Listrik

Menurut Merdi, motif-motif koleksinya di gelaran tahun ini adalah pengembangan dari motif yang secara tradisi telah dikenal dalam khasanah batik di Banyuwangi.

Dia melakukan terobosan menciptakan efek tiga dimensi yang memukau. Triknya adalah menggunakan kain tenun hasil dari alat tenun ATBM Dobby, yang lalu dibatik dan diberi sulaman indah di beberapa bagian.

"Garis-garis desain koleksi saya kali ini  bernuansa tailoring sehingga terlihat chic and elegant. Sentuhan feminine ditambahkan melalu kerah ruffles atau syal berwarna senada," jelas Merdi dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (27/03).

Selain menjadi sorotan dengan koleksi terbarunya, Merdi Sihombing juga memukau para penonton dengan penampilan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dalam irama keroncong. 

Baca juga : Atlet Aurora BC Sabet Gelar Juara Di Turnamen Badminton Universal Open 2024

Penampilan ini menambah kegemilangan Merdi setelah selang dua hari sebelumnya mendapatkan penghargaan melalui filmnya yang berjudul "Purun" dalam acara 2024 PayPal Melbourne Fashion Festival-Fashion Film Awards. Film ini disutradarai oleh Ignatius Raditya Bhramanta dan skenario oleh Pangesti Boedhiman.

Merdi berharap, koleksi Batik dan filmnya dapat menjadi sarana yang efektif untuk memperkenalkan teknik kerajinan tradisional Indonesia kepada dunia, sekaligus juga kekayaan wastra sebagai bagian dari fashion Indonesia. 

“Memadukan fashion dan fashion movie adalah sebuah terobosan baru bagi dunia fashion Indonesia. Suatu kebanggaan bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang bergensi ini. Ke depannya saya akan – MFF dilakukan setahun sekali selama dua pekan di Royal Exhibition Melbourne, yang letaknya berdekat dengan Melbourne Museum," lanjut Merdi Sihombing menambahkan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Merdi Sihombing dan karyanya, silakan kunjungi akun Instagram @merdisihombingofficial.

Baca juga : Atraksi Barongsai dan Ribuan Angpau Memeriahkan Ancol Lunar Festival 2024

Sebagai tokoh yang telah lama berkecimpung dalam pelestarian budaya, karya-karya Merdi Sihombing mendapat apresiasi dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Dikti Hilmar Farid.

Hilmar menekankan pentingnya memelihara warisan budaya melalui berbagai medium, termasuk fashion. Mode adat bukan sekadar pakaian, melainkan narasi yang hidup dari kearifan lokal yang telah diwariskan turun-temurun.

"Karya-karya desainer seperti Merdi Sihombing adalah jembatan yang menghubungkan masa lalu yang kaya dengan masa depan yang berkelanjutan, memperkaya dialog global tentang identitas dan keberlanjutan," tutup Hilmar Farid selaku Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Dikti.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.