Dark/Light Mode

Kenapa Tampilan WhatsApp Jadi Hijau Terang? Ini Alasannya

Kamis, 25 April 2024 20:56 WIB
Ilustrasi logo WhatsApp. (Foto: Unsplash/ Amin Moshrefi)
Ilustrasi logo WhatsApp. (Foto: Unsplash/ Amin Moshrefi)

RM.id  Rakyat Merdeka - WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia. Dengan sekitar 2 miliar pengguna aktif WhatsApp terus menghadirkan berbagai fitur dan pembaruan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu perubahan yang diperhatikan oleh pengguna adalah perubahan warna tampilan WhatsApp menjadi hijau terang. Apa sebenarnya alasan WhatsApp di balik perubahan tampilan warna ini?

Dilansir dari laman Manchester Evening News, WhatsApp menjelaskan alasan mereka mengubah warna aplikasinya menjadi hijau terang.

WhatsApp mengaku sengaja mengganti warna, terutama ikon notifikasi, story dan tombol lainnya yang semula biru dan merah menjadi dominan hijau. Salah satu tujuannya, agar pengguna dapat lebih fokus pada hal-hal penting di layar.

Baca juga : Fajar Dan Apri Jadi Kapten Indonesia Di Piala Thomas Dan Uber

"Jika Anda belum melihat perubahan ini, mungkin perlu sedikit waktu sebelum tersedia untuk semua orang. Harap pastikan untuk memperbarui WhatsApp ke versi terbaru sementara ini," bunyi pernyataan WhatsApp.

Kabar buruknya, jika pengguna tidak menyukai warna hijau, WhatsApp mengonfirmasi bahwa perubahan ini tidak bisa dihentikan. Perubahan warna tampilan ini tidak hanya berlaku pada pengguna android tapi juga di sistem operasi Apple iPhone.

Di laman resminya, WhatsApp beralasan perubahan warna menjadi hijau untuk menyesuaikan dengan warna merek mereka.

Baca juga : Bos Apple Tim Cook Ditanya Prabowo Apakah Vegetarian Atau Bukan? Ini Jawabannya

'Warna hijau yang kami gunakan telah diubah agar sesuai dengan warna merek kami . Bagaimana dan di mana kita menggunakan warna telah berubah. Kami menggunakan warna dengan lebih sengaja sehingga Anda dapat fokus pada hal yang paling penting di layar," jelasnya.

Dalam perubahan terbaru ini, mode gelap juga dibuat lebih gelap untuk membuat teks lebih mudah dibaca. Ruang putih juga ditambah saat dalam mode terang. Di bagian lain, beberapa bagian aplikasi lebih renggang daripada sebelumnya dan Anda juga akan melihat logo WhatsApp di tab obrolan.

Pengguna Android akan melihat bahwa tab yang sebelumnya berada di bagian atas layar mereka sekarang akan berada di bagian bawah, agar lebih mudah diakses.

Baca juga : Mardiono Hadiri Halal Bihalal Partai Golkar, Ini Alasannya

Perubahan warna tampilan WhatsApp menjadi hijau tentu bukanlah tanpa alasan. Identitas merek, konsistensi desain, psikologi warna, kemudahan pengenalan, dan penekanan fitur baru bisa jadi faktor yang mungkin mempengaruhi keputusan pengembang untuk menjaga warna hijau sebagai bagian integral dari pengalaman pengguna WhatsApp. 

Dengan demikian, jika Anda melihat tampilan WhatsApp yang hijau, maka patut dipahami ada pertimbangan desain yang mendalam di balik perubahan warna tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.