Dark/Light Mode

One Stop Services

RS Atma Jaya Buka Layanan Kesehatan Lansia Terpadu

Sabtu, 8 Juni 2024 12:45 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Sakit Atma Jaya (RSAJ) menyadari komplikasi penyakit yang menyerang kelompok masyarakat lanjut usia (geriatric population) memerlukan perhatian serius berupa perawatan intensif yang holistic.

Hal ini merupakan konsekuensi meningkatnya jumlah masyarakat usia di atas 60 tahun di Indonesia yang kini mencapai 20 persen dari total penduduk nasional sebanyak 275 juta jiwa.

“Sangatlah penting untuk memberi perhatian khusus pada kelompok geriatric population, mengingat kelompok masyarakat dengan usia di atas 60 tahun tersebut kerap mengidap komorbiditas atau dua atau lebih penyakit sekaligus dalam kehidupan mereka,” kata Direktur RS Atma Jaya Devi Anggraeni, di RS Atma Jaya, Pluit, Jakarta, Jumat (6/6/2024).

Devi Anggraeni mengemukakan hal itu dalam sambutannya pada acara peresmian pusat layanan kesehatan terpadu yang baru, khusus bagi populasi lanjut usia, bernama Atma Jaya Geriatrics & Wellness Centre.

Pusat layanan kesehatan terpadu itu menyediakan dokter-dokter spesialis khusus penyakit lansia dan pasien dapat menyesuaikan layanan kesehatan dengan kebutuhan khusus dan preferensi pasien lansia itu sendiri.

RSAJ menerapkan konsep one-stop services yang memudahkan pasien geriatric dalam mengakses berbagai layanan kesehatan dengan nyaman, termasuk bagi keluarga pasien.

Baca juga : Bamsoet Ajak Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Tengah Keberagaman

“Kami berupaya meningkatkan kualitas hidup lansia dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti kejiwaan, lingkungan dan lain-lainya,” ungkapnya.

Fasilitas khusus yang berlokasi di lantai tiga itu menyediakan berbagai layanan di satu tempat (one-stop services).

Mulai dari layanan terapi sel, perawatan estetika, dan homecare yang memudahkan dalam mengakomodir solusi bagi pasien.

Juga, mengurangi perjalanan yang melelahkan bagi pasien lansia selama menjalani perawatan.

Layanan one-stop services memungkinkan koordinasi lebih baik dan cepat berbagai tim medis dan profesional kesehatan yang terlibat dalam perawatan pasien lansia.

Sementara itu, CEO Atma Jaya Healthcare, Edward mengatakan, Geriatrics & Wellness Center memainkan peran vital dalam mewujudkan pendekatan pengobatan holistic.

Baca juga : Teknologi AI Peluang Besar Tingkatkan Layanan Kesehatan

“Pendekatan ini memperhatikan aspek fisik, mental, spiritual, dan sosial dari kesehatan, dan mengintegrasikan berbagai metode pengobatan, mulai dari konvensional hingga terapi alternatif,” kata Edward.

Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Prof. Yuda Turana mengatakan, peresmian fasilitas layanan terpadu kali ini merupakan hal yang istimewa, karena bertepatan dengan hari jadi RS Atma Jaya yang ke-48.

Layanan Geriatrics & Wellness Center juga merupakan salah satu bentuk keunggulan dan kesatuan integrasi serta akselerasi antara Unika Atma Jaya Jakarta bersama RS Atma Jaya di bidang kesehatan.

Seperti diketahui RS Atma Jaya juga merupakan rumah sakit pendidikan utama dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unika Atma Jaya Jakarta.

“Kolaborasi integrasi ini merupakan suatu upaya untuk menjawab tantangan dunia kedokteran dan kesehatan yang harus diatasi dengan aksi bersama lintas disiplin,” kata Yuda Turana, yang juga terkenal sebagai tokoh demensia Indonesia ini.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unika Atma Jaya juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengembangkan program studi (Prodi) lintas disiplin terkait bidang kesehatan.

Baca juga : Kepercayaan, Bukan Tumbuhan Liar

Adapun prodi yang terlibat antara lain Magister Management Rumah Sakit, Magister Hukum Kesehatan, Fakultas Teknik Inovasi Kedokteran, dan pendidikan dokter spesialis.

Sejumlah tim medis multidisipliner memungkinkan penanganan yang menyeluruh kepada kondisi kesehatan pasien.

Pasien lansia akan ditangani dokter-dokter yang ahli di bidang geriatri, kesehatan jiwa, rehabilitasi medik, dermatovenereologi serta spesialis keluarga layanan primer.

Para dokter ahli tersebut antara lain dr. Rensa, Prof. Yuda Turana, dr. Petrasama serta dr. Inneke Jane Hidajat.

Layanan Atma Jaya Geriatrics & Wellness Center menekankan pendekatan pencegahan dan pemeliharaan kesehatan, sehingga membantu pasien lansia menjalani gaya hidup yang sehat dan aktif semenjak dini.

Program-program pencegahan dan promosi kesehatan yang terus diselenggarakan diharapkan membantu pasien maupun masyarakat umum dalam mempertahankan kesehatan, mencegah penyakit, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara menyeluruh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.