Dark/Light Mode

Mau Coba Bikin Pizza Tutut? Ini Resep Ala Susi Pudjiastuti

Senin, 27 April 2020 14:37 WIB
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Instagram)
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ternyata pandai memasak. Dia membagikan tutorial memasak pizza lewat akun media sosialnya, Instagram dan Twitter.

Namun, tak seperti pizza pada umumnya, yang ber-topping jamur, daging atau bahan mahal lainnya, topping pizza buatan Susi lain dari yang lain.

Inilah penampakan pizza tutut buatan Susi Pudjiastuti (Foto: Instagram)

Untuk topping-nya, Susi menggunakan tutut, semacam keong yang hidup di persawahan.

Baca juga : Bantu Anak-anak Inggris, Rashford Banjir Pujian

Dalam video berdurasi kurang dari lima menit itu, Susi menceritakan  betapa murah dan bergizinya tutut. Menurutnya, harga tutut hanya Rp 15 ribu per kilogram.

"Kawan-kawan semua, kemarin kan pada penasaran tentang keong sawah. Ini saya beli dari bapak-bapak, ibu-ibu yang nyari di sawah. Biasanya, sawah yang ada keongnya, tidak pakai pestisida. Karena kalau pakai pestisida, pasti mati keong ini," begitu kata Susi sembari mencuci sebakul keong sawah.

Kata Susi, orang orang daerah Pangandaran biasanya memanfaatkan tutut untuk pakan bebek.

Baca juga : Man City Yakin Pemainnya Tak Akan Eksodus Massal

"Kalau saya, sayang sekali. Mending dimasak. Caranya, keong sawah ini kita cuci, dari lumpur, diaduk-aduk begini," ujar Susi sembari mempraktikkan.

Cara bikinnya pun mudah. Dimulai dengan merebus tutut sampai matang pada air mendidih, yang dikasih garam dan sedikit cuka. "Jangan lama-lama, langsung diangkat," tambahnya.

Setelah matang, daging tutut dikeluarkan dari cangkagnya. "Setelah diangkat, kita coplekin (ambil daging dari cangkangnya, Red). Jadinya, daging begini. Kalau sudah dikeluarkan begini, bisa disimpan di kulkas untuk stok besoknya," ujar Susi sambil men-coplek.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.