Dark/Light Mode

Ini Tips Buat Anak Tetap Sehat Dan Senang Selama Di Rumah

Rabu, 19 Agustus 2020 18:14 WIB
Dokter Spesialis Anak Mesty Ariotedjo/Foto: Merry Apriyani
Dokter Spesialis Anak Mesty Ariotedjo/Foto: Merry Apriyani

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 mengharuskan anak-anak belajar dan bermain di rumah. Namun, aktivitas itu tak menjamin si buah hati senang dan menikmati kegiatan di rumah.

Dokter Spesialis Anak, Mesty Ariotedjo, menyarankan agar orang tua memberikan kesempatan kepada anak menjalankan aktivitas fisik di lingkungan rumah secara rutin dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Mulai dengan menyediakan waktu bermain bersama anak di rumah. Nggak perlu seharian, cukup 20 menit. Hal itu sudah bermanfaat buat anak dan ibu, bisa bounding juga kan,” ungkap Mesty.

Baca juga : Tips Buat Konten Kreatif Dengan Smartphone

Sebab itu, orang tua diimbau menyediakan waktu untuk bermain bersama di rumah agar anak tetap senang.

Tubuh, otot dan saraf motorik anak harus dirangsang agar pertumbuhannya semakin baik dan optimal. Aktivitas fisik juga bisa membuat anak-anak terhindar dari berbagai penyakit sejak dini seperti obesitas karena kurang gerak.

“Aktivitas fisik pada anak sudah bisa dimulai sejak anak kurang dari 1 tahun. Minimal anak usia satu tahun harus melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari dan waktunya bisa dibagi-bagi,” jelasnya lagi.

Baca juga : Kinerja 2019, Pertamina Tetap Sejajar dengan Perusahaan Kelas Dunia

Untuk anak 1 sampai 3 tahun, biasanya sudah mulai bergerak aktif karena bisa duduk, berjalan hingga berlari. Jadi aktivitas fisik bermain maksimal mereka dapatkan 180 menit atau 3 jam sehari, tentu saja harus dibagi serta ditemani orang tua.

“Paparan gawai nggak apa-apa asal orang tua memberikan penjelasan. Kenapa bermasalah, karena hal itu membuat anak mengalami terlambat bicara,” jelasnya.

Sementara anak usia 3 sampai 6 tahun adalah usia mulai mengenal sekolah dan banyak teman. Mereka bisa lebih banyak melakukan kegiatan fisik, misalnya, bersepeda hingga berlarian. Waktu bermain aktivitas fisik minimal 3 jam dibagi dalam sehari.

Baca juga : Ini Upaya PGN Tekan Penyebaran Corona Di Lingkungan Kerja

Group Head of Content Parentstory Noel Monique Renzita mengatakan, ada berbagai jenis kegiatan yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk menjaga ikatan emosional sekaligus melatih kreativitas anak selama di rumah.

Misalnya, melibatkan anak dalam permainan yang bersifat open ended di mana anak diberi kebebasan untuk mengeksplorasi dan memilih apa yang mereka ingin lakukan, bagaimana melakukannya dan bahan apa saja yang digunakan.

“Sebagai bagian dari kampanye Tokopedia x Parentstory Online Fair, talk show ini diharapkan memberikan inspirasi bagi para orang tua dalam mencari dan mendapatkan berbagai aktivitas untuk menjaga anak-anak tetap sehat dan senang selama berada di rumah,” jelas Noel. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.