Dark/Light Mode

Cara Bedakan Flu Biasa Dan Covid-19 Dari Masa Inkubasinya

Kamis, 5 November 2020 13:18 WIB
Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Tri Yunis Miko Wahyono (Foto: Tangkapan layar)
Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Tri Yunis Miko Wahyono (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di musim pancaroba seperti sekarang, orang akan sulit membedakan antara flu biasa dengan Covid-19. Sebab, keduanya memiliki gejala hampir mirip.

Agar masyarakat tidak bingung, Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Tri Yunis Miko Wahyono memberikan cara untuk membedakannya. Yaitu, dengan memerhatikan masa inkubasi virus.

Baca juga : Soal Kehalalan Vaksin Covid-19, KSP Imbau Masyarakat Tak Terprovokasi

"Influenza atau flu biasa itu inkubasinya 1 sampai 3 hari. Covid-19 lebih, sampai 7 hari. Itu saja membedakannya,” terang Miko dalam talkshow virual yang diselenggarakan RMco.id bertajuk, “Awas Klaster Keluarga Meroket”, Rabu (04/11). Talkshow dipandu dua wartawan senior Rakyat Merdeka, M Rusmadi dan Ujang Sunda.  

Kalau flu lebih 4 hari, kata Miko, patut curiga sebagai Covid-19. “Tapi, kalau mau memastikan, mudahnya, cek apakah ada riwayat kontak dengan pasien positif," sarannya.

Baca juga : Calon Lebih Takut Dicoret Daripada Sanksi Kurungan

Miko menyarankan, jika di masa pancaroba dan pandemi ini kita merasakan flu, harus pakai masker di mana pun. Bahkan, kalau bisa, meskipun itu cuma flu, isolasi mandiri dianjurkan. 

"Untuk amannya, merasa flu lebih dari tiga hari, lebih baik tetap pakai masker dan isolasi. Tidak kontak langsung dengan orang lain," sarannya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.