Dark/Light Mode

Ini 3 Faktor Penyebab Sariawan Pada Penderita Covid-19

Kamis, 4 Februari 2021 08:58 WIB
Dosen Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Dr. Irna Sufiawati, drg., Sp.PM (Foto: Humas Unpad)
Dosen Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Dr. Irna Sufiawati, drg., Sp.PM (Foto: Humas Unpad)

 Sebelumnya 
Gejala Lain di Mulut

Selain sariawan, masih ada sejumlah kelainan lain pada mulut, yang dipicu oleh Covid-19. Salah satunya, akibat proses terapi dan tindakan perawatan medis untuk pasien Covid-19.

Baca juga : Anies: Bermasker Lebih Nyaman Dibanding Kena Covid-19

Irna menjelaskan, selain sariawan berbentuk stomatitis, pasien Covid-19 juga rentan mengalami kelainan lidah, antara lain: lidah pecah-pecah (fissure tongue), munculnya bercak merah dan putih seperti sebuah peta (geographic tongue) hingga munculnya lapisan tebal atau plak pada lidah.

Sementara pada rongga mulut, pasien juga bisa mengalami bercak merah pada rongga mulut, air liur yang menjadi kental, rongga mulut berjamur, infeksi virus herpes, serta kelainan nonspesifik seperti munculnya bercak kemerahan di sekitar amandel.

Baca juga : Di Kecamatan Tanah Abang Sudah Tak Ada Zona Merah Covid-19

“Gejala ini mungkin bisa muncul sebagai koinfeksi atau manifestasi sekunder, dari penyakit sistemik yang menyertainya,” kata Irna.

Salah satu gejala yang umum terjadi adalah hilangnya indra perasa. Ini juga merupakan salah satu kelainan pada rongga mulut. Gangguan perasa/pengecapan ini paling sering terjadi. Menjangkiti sekitar 45 persen pasien Covid-19.

Baca juga : Tahun Lalu, Penyerapan Anggaran Kemenperin Capai Rp 1,98 Triliun

Irna menjelaskan, tidak ada penanganan khusus untuk menangani kelainan pada rongga mulut dari pasien Covid-19. Tiga faktor utama penyebab sariawan tersebut bisa ditangani dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, memperbaiki kelainan sistemik, serta mengendalikan stres.

“Pasien bisa minum obat anti-inflamasi, stresnya harus dipulihkan, asupan gizinya diperhatikan, serta menggunakan obat kumur yang mengandung povidone iodine,” pungkas Irna. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.