Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nggak Perlu Vaksin Covid Karena Sudah Hidup Sehat, Situ Yakin?

Jumat, 2 April 2021 11:36 WIB
Vaksinasi Covid-19 pada karyawan di Pusat Perbelanjaan Depok Town Square. (Foto: M Qori Haliana/RM)
Vaksinasi Covid-19 pada karyawan di Pusat Perbelanjaan Depok Town Square. (Foto: M Qori Haliana/RM)

 Sebelumnya 
"Protokol kesehatan bisa meminimalkan pertarungan antara kualitas sistem imun dan virus," kata dokter yang berpraktek di RS Husada Utama dan RS Adi Husada Surabaya ini.

Dr. Ning menjelaskan, kualitas sistem imun setiap orang tidak sama. Ada faktor genetik yang mempengaruhi. Yang tidak bisa diketahui pasti, diprediksi, atau dimodifikasi.

Karena itu, kita harus menjaga kualitas sistem imun alami dan adaptif. Kita harus menjalankan pola hidup sehat dengan memastikan asupan nutrisi yang baik, berolahraga secara teratur, berjemur, cukup tidur, melakukan manajemen stres, menghindari rokok dan alkohol, serta mengontrol kondisi penyakit komorbd yang diderita.

Baca juga : LBM PBNU: Vaksin AstraZeneca Halal Dan Suci, Dapat Digunakan Untuk Vaksinasi

"Tapi ingat, bila berinfeksi Covid, Sekalipun sudah menjaga kesehatan sistem imun," terangnya.

Sampai di sini, vaksinasi menunjukkan peranan penting. Karena vaksinasi ditujukan untuk membentuk sistem imun adaptif berupa antibodi dan sel memori, sebelum terinfeksi virus yang sebenarnya.

Pada orang yang sudah divaksin, bila terjadi serangan virus, sistem imun alami langsung bekerja dan sistem imun adaptif pun sudah siap sedia.

Baca juga : Sejuta Sehari Masih Mimpi

Tak butuh waktu lama untuk pengenalan. Sehingga, virus bisa cepat dimusnahkan atau berkurang, gejala menjadi sangat ringan/ringan, mengurangi risiko penularan, perjalanan penyakit dapat diprediksi, serta mampu menekan kasus penularan dan kasus kematian.

"Sebaliknya, pada orang yang tidak divaksin, perjalanan penyakit sulit terprediksi. Ada kemungkinan 80 persen sembuh, dan 20 persen bergejala hingga meninggal. Masalahnya sekali lagi, kita tidak bisa memprediksi, apakah kita akan jatuh ke kondisi ringan sedang, atau berat bila terinfeksi Covid," tandas dr. Ning.

Dapat disimpulkan, vaksin memberikan kekebalan tanpa harus menjadi sakit dulu. Pola hidup sehat tidak bisa memproduksi antibodi secara otomatis. Tapi bila terinfeksi atau divaksin, pola hidup sehat dapat membantu pembentukan antibodi yang optimal.

Baca juga : Beckham : Solskjaer Sukses Karena Sabar Saat Dikritik

"Pola hidup sehat dan vaksin adalah usaha pencegahan yang optimal terhadap ancaman Covid, bila dilakukan bersama dengan protokol kesehatan," tandas dr. Ning. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.