Dark/Light Mode

Galau Efek Samping Vaksin? Coba 5 Tips Ini

Selasa, 13 April 2021 23:16 WIB
Ilustrasi penyuntikan vaksin Covid (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ilustrasi penyuntikan vaksin Covid (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksinasi Covid bisa menimbulkan efek samping ringan, berupa demam, nyeri, atau sedikit lelah. Para ahli menyebutnya sebagai sesuatu yang wajar, dan menjadi sinyal bahwa tubuh sedang merespon vaksin. 

Baca juga : Mau Ke Tanah Suci, Wajib Vaksinasi Lho

Terkait hal tersebut, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Amerika Serikat (CDC) menyarankan beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi efek samping vaksin Covid:

  1. Kompres dingin pada area penyuntikan, yang terasa sakit. Tujuannya, mengurangi efek peradangan pada area tersebut. CDC menyarankan untuk memakai kain bersih yang dibasahi, dalam tindakan pengompresan. 
  2. Gerakkan tangan. Jangan didiamkan. CDC menyarankan agar orang-orang berolahraga ringan, atau minimal rajin menggerakkan tangan bila ingin mengurangi rasa nyeri. Aktivitas fisik dapat memperlancar aliran darah dan mengurangi peradangan pada area penyuntikan.
  3. Minum air putih.  Untuk mengatasi efek samping demam, CDC menyarankan orang-orang menjaga cairan tubuh dengan rutin minum air putih. Sebab, demam dapat membuat seseorang mudah berkeringat dan mengalami dehidrasi, sehingga tubuh terasa tidak nyaman.
  4. Gunakan pakaian longgar Pakaian longgar memastikan sirkulasi udara yang lebih baik untuk tubuh. Sehingga tubuh bisa jadi lebih nyaman saat mudah berkeringat karena demam.
  5. Redakan dengan obat nyeri.  Beberapa obat yang dijual bebas mulai dari aspirin, ibuprofen, atau antihistamin lainnya dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Namun, CDC menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter, bila ingin mengonsumsi obat-obat tersebut. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.