Dark/Light Mode

Ahli Virologi: Mutasi Covid-19 Tak Selamanya Ganas

Selasa, 22 Juni 2021 23:50 WIB
Ahli Virologi: Mutasi Covid-19 Tak Selamanya Ganas

 Sebelumnya 
Dia mencontohkan kejadian pandemi flu 100 tahun lalu. Saat itu, pandemi berhenti karena dua kemungkinan, virus bermutasi menjadi tidak ganas dan terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok secara alami karena tidak ditemukannya vaksin.

"Sebagai ahli virologi saya berdoa virus itu bisa bermutasi menjadi virus yang kurang ganas sehingga virus ini menjadi tidak berbahaya lagi, sama seperti flu biasa," ungkapnya.

Baca juga : AS Sumbangin 55 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Untuk Negara Miskin

Hingga saat ini, Mahardika menekankan bahwa vaksin yang saat ini digunakan untuk penanganan Covid-19 tergolong aman dan efektif meski terdapat varian baru.

Maka masyarakat diminta tidak anti vaksin Covid-19. Sebab, vaksin dan penerapan 5M kini menjadi ikhtiar jalan untuk keluar dari pandemi.

Baca juga : Mitigasi Penyebaran Covid-19, KPK Swab Antigen Para Pegawainya

Makna gerakan 5M protokol kesehatan adalah sebagai pelengkap aksi 3M. yaitu: Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.