Dark/Light Mode

Pentingnya Nutrisi Untuk Jaga Imunitas Tubuh Pasca Vaksinasi

Selasa, 3 Agustus 2021 10:52 WIB
Foto:Istimewa
Foto:Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjaga imunitas yang baik salah satu kunci utama tubuh memerangi virus, bakteri, toxin dan patogen berbahaya.

Terlebih, program vaksin yang semakin intensif dilakukan, diharapkan membuat sistem kekebalan tubuh masyarakat semakin meningkat, dan Herd Immunity (kekebalan kelompok) lebih cepat tercapai.

"Yang perlu kita perhatikan dalam menjaga kondisi tubuh yang sehat adalah rutin mengkonsumsi nutrisi, serta asupan gizi yang baik setiap hari," jelas Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk Michael Reo.

Baca juga : Sherina Munaf: Please, Jangan Salip Jatah Vaksin Nakes

Periode pascavaksinasi, lanjut Michael, sering membuat orang tidak lagi memperhatikan kebutuhan asupan nutrisi setiap hari untuk menjaga imunitas tubuh.

Selain itu, banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang imunitas itu sebenarnya.

Menurutnya, ada dua jenis imunitas. Imunitas spesifik, utamanya diperankan oleh Limfosit B dan T untuk menghasilkan antibodi melawan mikroorganisme seperti bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga : Pemerintah Cari Solusi Terbaik Masalah Perunggasan Nasional

Sementara, imunitas non-spesifik dalah pertahanan fisik atau mekanik, misalkan kulit, selaput lendir, silia saluran napas, batuk, dan bersin yang merupakan garis pertahanan terdepan terhadap mikroorganisme.

"Keutuhan kulit sangat penting untuk mencegah mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh melalui kulit," katanya lagi.

Oleh karena itu, menjaga keutuhan kulit sebagai organ terbesar pada manusia sangat penting.

Baca juga : Suplemen Herbal Halal Mampu Untuk Support Imunitas Tubuh dari Covid-19

Selain itu, asupan vitamin C, D dan E, serta Zinc sebagai salah satu mineral yang penting juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan dan komunikasi sel-sel imunitas.

"Asupan nutrisi tepat dan sesuai dosis mampu menunjang sistem kekebalan tubuh. Terutama dalam kondisi pandemi seperti sekarang baik sebelum atau sesudah vaksinasi," tandasnya. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.