Dark/Light Mode

Kegiatan Merajut Budaya Aksara di Indonesia

Suatu Sarana Promosi Dan Komunikasi

Sabtu, 18 September 2021 10:03 WIB
Amelya Nugroho
Amelya Nugroho

 Sebelumnya 
Kegiatan digitalisaai aksara daerah yang sedang digelorakan oleh PANDI tersebut, selain sebagai ekspresi nasionalisme dan idealisme, juga sebuah upaya dalam rangka membangun sarana infrastruktur untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan layanan produknya, selain branding PANDI itu sendiri. Hal ini karena kegiatan yang digembar-gemborkannya itu memperlihatkan sebuah publikasi yang besar dan bisa diukur melalui pemberitaan media yang cenderung intens dan meluas, melibatkan banyak stakeholder yang terkolerasi, seperti beberapa lembaga pemerintah pusat dan daerah, bahkan lembaga internasional semacam UNESCO. Untuk menyelenggarakan semua kegiatan yang dipaparkan PANDI melalui website program tersebut (https://merajutindonesia.id) tentu membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit.

Baca juga : Amankan Pasokan Vaksin, Indonesia Siap Kerja Sama Dengan Pihak Mana Pun

Meskipun demikian, inisiasi dan konsistensi PANDI dalam mendigitalisasikan aksara-aksara daerah mendapat respons positif dari pihak pemerintah melalui Badan Standar Nasional (BSN). Memang selayaknya mendapat apresiasi, karena hal ini bisa menjadi sarana komunikasi budaya yang efektif dari indonesia. Salah satu ciri yang sangat fenomenal dari budaya bangsa Indonesia adalah keragamannya, dan yang paling menonjol dari semua itu adalah keragaman bahasa asli yang dimilikinya. Ini akan lebih lengkap jika disertai pula dengan keragaman aksaranya.

Baca juga : Chartered Astronacci Trader Institute Cetak Ahli Trading Profesional

Hal itu dapat diamati dari ketertarikan pihak pengampu kebudayaan internasional (UNESCO) yang telah melibatkan PANDI pada sebuah diskusi perihal budaya bahasa asli bertaraf internasional beberapa waktu lalu dan juga mau melibatkan PANDI pada forum mendatang yang lebih besar.

Baca juga : Datang Lagi 1,8 Juta, Indonesia Sudah Amankan 243 Juta Dosis Vaksin

[Amelya Nugroho, Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.