Dark/Light Mode

Bahlil: Jangan Malu Berasal Dari Mana, Harus Optimis Dan Punya Mental Juang

Selasa, 26 Oktober 2021 21:10 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat mengunjungi almamaternya, SMK Yapis Fakfak di Papua Barat. (Foto: Instagram)
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat mengunjungi almamaternya, SMK Yapis Fakfak di Papua Barat. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengenang masa lalu, dengan mengunjungi SMA Yapis Fakfak di Papua Barat, di sela-sela kunjungan kerja.

Momen ini diabadikan Bahlil melalui akun Instagramnya, @bahlillahadalia, Selasa (26/10).

"Adik-adik semua. Saya itu tidak bisa lupa sekolah ini. Kenapa? Saya dulu itu kan ijazah persamaan. Saya melamar ke mana-mana, tidak ada yang menerima. Tapi sekolah ini menerima saya. SMA Yapis Fakfak. Saya tidak akan mungkin jadi menteri, kalau sekolah ini tidak pernah tampung saya untuk di SMK," papar Bahlil.

Berita Terkait : Jokowi: Jangan Ada Daerah Yang Bikin Ruwet, Pasar Ekspor Harus Diperluas

Menteri kelahiran 7 Agustus 1976 ini pun mengenang kisahnya, saat akan mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Kala itu, rekan-rekannya yang juga ikut pencalonan merupakan lulusan London, Melbourne. 

SMA-nya SMA unggulan. SMA internasional. Ada yang sekolah SMA di Australia, ada juga yang di Inggris. 

Berita Terkait : Kapolri: Jangan Ragu Pecat Dan Pidanakan Anggota Yang Melanggar!

"Mereka tanya saya. Pak, Bapak sekolah di mana? Saya bilang, saya di SMK Yapis Fakfak. Mereka tanya, apakah itu sekolah unggulan? Sangat unggulan, makanya saya mau. Begitu jawab  saya," ujar Bahlil, yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Nurhaeni, kakak kelas Bahlil yang kini menjabat Wakil Kepala Sekolah SMK Yapis Fakfak Bidang Kurikulum mengenang Bahlil sebagai sosok pelajar, yang tekun menimba ilmu sambil bekerja.

"Beliau bekerja sambil sekolah. Karena kita itu masuknya siang. Masuk jam 1, pulang jam 7 malam, beliau kerja dulu jadi kondektur. Setelah itu, baru masuk sekolah. Jadi, Bang Bahlil ini adalah salah satu siswa yang berprestasi, walaupun dia harus bekerja di luar. Ketika kembali ke sekolah, dia punya tekad yang kuat untuk mengubah keadaan, dan mampu menyelesaikan sekolah," ungkapnya.

Berita Terkait : Perhatian, Yang Mau Nonton World Superbike Mandalika Harus Sudah 2 Kali Vaksin

Bahlil pun berpesan pada siswa-siswi SMK Yapis Fakfak, agar senantiasa optimis dan punya mental juang dalam meraih cita-cita. 

"Satu hal yang ingin beta sampaikan kepada adik-adik semua. Sekolahlah yang baik-baik, dan jangan pernah merasa ragu dengan diri kalian. Jangan malu berasal dari mana, harus optimis dan punya mental daya juang," papar Bahlil.

"Selain sekolah yang rajin, selalu ingat juga akan dua hal ini? Hormati Bapa dan Mama dan hormati guru-guru, Insya Allah adik-adik semua akan memiliki masa depan yang baik, serta bisa memberikan manfaat bagi bangsa dan negara," pungkasnya. [HES]