Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Formula E

Anies Mainkan Jurus "Diam" Itu Emas

Sabtu, 20 November 2021 08:56 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Antara)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, biasanya telaten menjawab segala persoalan yang menyangkut Ibu Kota. Namun, untuk urusan balapan mobil listrik Formula E, Anies konsisten diam. Meski saat ini Formula E sedang dikorek-korek KPK, Anies tetap tak mau bicara. Sepertinya, untuk Formula E, Anies memainkan jurus “diam itu emas”.

Anies mulai diam sejak Fraksi PDIP dan Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta menggulirkan hak interpelasi atas Formula E, Agustus lalu. Ketika ditanya mengenai Formula E, respons Anies kadang diam, kadang menolak, dan menggoda wartawan yang bertanya. Aksi ini berlanjut sampai sekarang, saat KPK melakukan penyelidikan dugaan kasus korupsi dalam penyelenggaraan balapan mobil listrik tersebut.

Baca juga : Temui Massa Buruh, Anies Janji Ringankan Biaya Hidup Pekerja

Yang terbaru, ketika ditanya wartawan usai menemui buruh di depan Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (17/11). "Nice try (usaha yang bagus)," jawab Anies, dengan mengacungkan isyarat jempol ke wartawan yang bertanya soal Formula E.

Sehari sebelumnya, Anies juga bungkam. Ketika itu, setelah mengantar Menko Polhukam Mahfud MD ke mobilnya di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, ada wartawan yang bertanya soal Formula E. Dia cuma melambaikan tangan, dada-dada ketika ditanya soal polemik Formula E. Tak lupa, jempol kanannya diacungkan, kemudian berlalu pergi meninggalkan wartawan.

Baca juga : Erick Thohir: Formula E Ajang Mempromosikan Indonesia

Anies juga keberatan menjawab soal Formula E ketika wawancara usai menghadiri pelantikan pengurus FORDASI DKI Jakarta 2021 di Balai Agung Balai Kota Jakarta Pusat, Jumat (5/11). Mantan Rektor Universitas Paramadina ini hanya melayani pertanyaan seputar acara yang dihadirinya itu.

"Sudah cukup, tidak ada isu lain, ya," ucapnya, lalu melenggang pergi dengan memberi isyarat kepada wartawan untuk memberinya jalan.

Baca juga : Anies Melawan Kritik Dengan Kata Dan Data

Suatu waktu, Anies malah menggoda wartawan yang menanyai soal Formula E. "Ha-ha-ha, cari judul," ucapnya, lalu melengos dan langsung balik kanan usai wawancara perihal banjir dan ekonomi di masa pandemi, Senin (8/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.