Dark/Light Mode

Naik Rp 37.749, Anies Tetapkan UMP Jakarta Rp 4.453.935

Senin, 22 November 2021 11:54 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima para buruh soal UMP. (Foto: Instagram Anies Baswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima para buruh soal UMP. (Foto: Instagram Anies Baswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI Jakarta menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2022 sebesar Rp 4.453.935,536. Angka ini naik Rp 37.749 dibanding UMP 2021 Rp 4.416.186.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, besaran UMP ini berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja serta formula yang ada dalam Pasal 26 dan Pasal 27 Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari satu tahun.

Baca juga : Kasus Positif Naik 393, Nyaris Sepertiganya Disumbang Jakarta

"Jadi, sudah ditetapkan besaran Upah Minimum Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2022 sebesar Rp. 4.453.935,536," ujar Anies dikutip dari PPID Provinsi DKI Jakarta.

Anies juga mewajibkan, kepada para pengusaha untuk menyusun struktur dan skala upah di perusahaannya dengan memperhatikan kemampuan perusahaan dan produktivitas sebagai pedoman upah bagi buruh dengan masa kerja satu tahun atau lebih. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengawasi dan memberikan sanksi administratif bagi pengusaha yang tidak melakukan kewajiban tersebut.

Baca juga : Anies Tegaskan Komitmen Jakarta Bebas Pungli

Anies juga menerapkan berbagai kebijakan lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan para buruh. Di antaranya, dengan memberikan bantuan layanan transportasi, penyediaan pangan dengan harga murah, dan biaya personal pendidikan. 

Tak hanya itu, Pemprov DKI juga melakukan berbagai jenis program kolaborasi ketenagakerjaan, baik yang sedang berjalan maupun dalam proses akhir perencanaan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.