Dark/Light Mode

Mega Kasih Salam dan Senyuman Menghibur

Senin, 3 Juni 2019 06:44 WIB
Ibu Mega menyalami Pak SBY di sela pemakaman Ibu Ani di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6). (Foto: Istimewa)
Ibu Mega menyalami Pak SBY di sela pemakaman Ibu Ani di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah suasana haru pemakaman Ibu Ani di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Minggu (2/6), ada satu adegan yang tak kalah jadi perhatian dan sorotan: Pak SBY menyalami Ibu Mega. Mereka saling menatap penuh arti. SBY memegang erat tangan Ibu Mega. Ibu Mega berikan senyuman menghibur.

Saat jenazah Ibu Ani tiba di Puri Cikeas, Bogor pada Sabtu (1/6) malam, Mega baru mengirim bunga duka cita. Meskipun tidak hadir melayat, Ketua Umum PDIP itu tak sebatas kirim bunga. Kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Presiden ke-5 itu sudah mengirim surat duka cita kepada SBY. Hasto bahkan menjamin Mega akan hadir saat pemakaman.

“Ibu Megawati Soekarnoputri akan memberikan penghormatan terakhir dengan didampingi oleh Puan Maharani, Pramono Anung, dan saya,” kata Hasto, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/6).

Baca juga : Ada Racun Berbahaya Dalam Anak Panah Perusuh 22 Mei

Betul saja. Saat jenazah Ibu Ani masih dalam perjalanan dari Puri Cikeas, Mega sudah tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Didampingi putrinya, Puan Maharani, serta Pramono Anung dan Hasto, Mega tiba sekitar pukul 14.23 WIB. Mega hadir mengenakan blus hitam dengan selendang motif etnik.

Putri Bung Karno ini masuk ke kompleks pemakaman bersama Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Keduanya bergandengan tangan. Di belakangnya, mengekor Wakil Presiden RI ke-11 Boediono, Wakil Presiden Indonesia ke-6 Try Sutrisno.

Mereka kemudian menempati area dekat pusara Ibu Ani, Blok M 129. Letaknya, di depan makam Hasri Ainun Habibie, istri BJ Habibie. Pusara keduanya hanya berjarak 1 meter.

Baca juga : Salah Nggak Berani Janjiin Gelar

Mega duduk di sebelah kiri ibu negara, Iriana Joko Widodo. Sebelah kiri Mega, duduk istri Presiden RI-4 Abdurahman Wahid alias Gus Dur, Shinta Nuriyah. Sementara Puan Cs, duduk di belakang Mega.

Sambil menunggu kedatangan jenazah, Mega ngobrol dengan Iriana. Sesekali, dia mengibaskan kipas hitam yang dibawanya. Maklum saat itu, cuaca di Kalibata memang panas. Ditambah, banyaknya peziarah yang datang membuat tambah panas dan gerah.

Mega tak menunggu lama. Iring-iringan jenazah Ibu Ani tiba di TMP Kalibata pukul 14.30 WIB. SBY yang mengenakan setelan jas hitam lengkap, kemudian berjalan menghampiri para pelayat. Mega dan pelayat lain berdiri, menyambutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.