Dark/Light Mode

Peringatan Ketua DPR

Waspadai Penumpang Gelap dan Penciptaan ‘Martir’

Minggu, 19 Mei 2019 20:21 WIB
Presiden Jokowi menyalami Ketua DPR Bambang Soesatyo dalam buka puasa Partai Golkar, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5).
Presiden Jokowi menyalami Ketua DPR Bambang Soesatyo dalam buka puasa Partai Golkar, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5).

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengimbau semua elemen masyarakat segera menghilangkan ego kelompok yang melampaui batas toleransi hukum dan Undang-Undang (UU). Setiap kelompok masyarakat berhak untuk memperjuangkan kepentingannya. Namun, tetap harus berada dalam koridor hukum dan UU.

Ego kelompok jika disalurkan dalam bingkai hukum dan UU dipastikan tidak merusak stabilitas keamanan nasional dan ketertiban umum. Sebaliknya, jika ego kelompok dipaksakan untuk menabrak hukum dan UU, yang akan terjadi adalah benturan antar-kelompok masyarakat.

“Saya berharap, pengerahan massa ke gedung KPU dan Bawaslu, yang direncanakan pada 20, 21, dan 22 Mei 2019, berlangsung tertib dan damai. Harus diwaspadai adanya penumpang gelap yang sengaja ingin memanfaatkan situasi dan menciptakan ‘martir’ di tengah-tengah pengunjuk rasa,” ujar politisi yang akrab disapa Bamsoet ini saat menghadiri acara berbuka puasa Partai Golkar bersama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5).

Bamsoet berharap, aktivitas pengerahan massa tetap harus sesuai aturan main, atau berada dalam koridor hukum dan UU. Agar suasana tetap kondusif, penyampaian aspirasi atas nama massa itu hendaknya juga dalam kerangka dialog antara perwakilan massa dengan wakil-wakil dari KPU dan Bawaslu. 

“Peserta unjuk rasa diharapkan tidak memaksakan kehendak kepada KPU dan Bawaslu. Sebab, baik KPU maupun Bawaslu harus bekerja sesuai UU serta tupoksi-nya. Karena itu, menjadi sangat penting bagi penanggung jawab kegiatan untuk selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan yang bertugas,” tegas Bamsoet.

Bamsoet juga berharap, penanggung jawab kegiatan untuk mempertimbangkan kepentingan masyarakat umum. “Waktu yang bertepatan dengan jadwal berkumpulnya massa  di KPU dan Bawaslu adalah hari-hari kerja dan sekolah. Pemusatan massa di dua lokasi itu diharapkan tidak menimbulkan gangguan teramat serius terhadap arus lalu lintas di kawasan itu,” pungkasnya.

Acara buka puasa bersama Partai Golkar ini dihadiri banyak tokoh. Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Perindutrian Airlangga Hartarto bertindak sebagai tuan rumah. Tokoh lain yang hadir adalah Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Mensekneg Pratikno, mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tanjung, mantan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, dan mantan Menko Kesra Agung Laksono. [ONI]

Baca juga : Kurangi Impor, Pengusaha Harus Bisa Tingkatkan Produksi

RM.id  Rakyat Merdeka -

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.