Dark/Light Mode

Atasi Banjir Rob, Pemprov DKI Bangun Tanggul Di Sepanjang Pesisir Ibu Kota

Selasa, 7 Desember 2021 16:50 WIB
Warga melintasi luapan air yang mengenangi kawasan pemukiman di Muara Angke, Jakarta Utara, Sabtu (4/12). (Foto: Tedy O. Kroen/RM)
Warga melintasi luapan air yang mengenangi kawasan pemukiman di Muara Angke, Jakarta Utara, Sabtu (4/12). (Foto: Tedy O. Kroen/RM)

 Sebelumnya 
"Dinas SDA akan mendorong dan mengupayakan agar para stakeholder yang berada di area pesisir Jakarta juga dapat turut membantu dalam proses pembangunan tanggul," ujar Kepala Dinas SDA Jakarta Utara Yusmada Faizal, Selasa (7/12)

Menurutnya dengan upaya tersebut target untuk mengamankan wilayah pesisir DKI Jakarta dapat segera tercapai.

Baca juga : Pemprov DKI Kirim Bantuan Logistik Korban Erupsi Semeru

Perlu diketahui, banjir rob terjadi akibat air laut yang melimpas melewati tanggul karena tinggi tanggul eksisting saat ini tidak dapat menahan gelombang pasang air lau, terutama jika Tinggi Muka Air (TMA) laut melebihi +240 PP. Rata-rata tinggi genangan yang terjadi akibat banjir rob tersebut setinggi 20-50cm.

Selain itu, Dinas SDA juga berencana akan membangun 2 sistem polder pesisir yaitu Polder Kamal dan Polder Marunda, yang pembangunannya terdiri dari Pintu Air, Pompa, dan Waduk.

Baca juga : Gelora DKI Target Tanam Setengah Juta Pohon

"Rencananya polder tersebut nantinya akan terintegrasi dengan tanggul NCICD yang saat ini masih berproses," ujar Yusmada. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.