Dark/Light Mode

Malam Ini, FPI Gelar Takbir Keliling Dari Petamburan Sampai Harmoni

Selasa, 4 Juni 2019 18:42 WIB
Ilustrasi takbir keliling (Foto: Istimewa)
Ilustrasi takbir keliling (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Front Pembela Islam (FPI) akan merayakan malam takbir Lebaran 1 Syawal 1440 Hijriah dengan berkeliling DKI Jakarta, Selasa (4/6) malam. Takbir keliling dimulai setelah shalat Isya dari DPP FPI, Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat.

"Insya Allah ada (takbiran keliling). Silakan datang ke Petamburan, start-nya dari Petamburan," kata Ketua DPD FPI DKI Jakarta Buya Abdul Majid saat dikonfirmasi lewat telepon, Selasa (4/6).

Anggota FPI Novel Bamukmin mengatakan takbir keliling nanti akan melalui sejumlah ruas jalan Ibu Kota. Novel menyebut takbir keliling FPI akan dimulai dari Petamburan. Kemudian menuju ke Slipi, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Dewi Sartika, Salemba, Senen, sampai ke Harmoni.

Baca juga : Takbir Keliling Boleh Asal Tertib Dan Rapi

"Setelah itu kembali ke Petamburan. Kira-kira perjalanan dua sampai tiga jam," ujar Novel dikonfirmasi terpisah.

Bukan kali ini saja FPI melaksanakan takbir keliling pada malam lebaran. Pada tahun sebelumnya FPI juga melaksanakan kegiatan ini.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempersilakan warganya untuk melakukan takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri. Anies meminta agar para warga bisa melaporkan titik takbiran kepada Lurah dan Dinas Perhubungan setempat.

Baca juga : Sediakan Rp 1 M, Kas Keliling BI Layani Penukaran Uang Lebaran

Setidaknya ada enam titik lokasi takbir keliling, yakni tiga titik di Jakarta Pusat dan tiga titik di Jakarta Selatan. Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menjelaskan ada sejumlah titik yang telah dilaporkan masyarakat akan mendapat pengawalan dari Dishub.

"Dinas Perhubungan memfasilitasi masyarakat yang akan melakukan takbir keliling di wilayahnya berupa pemanduan dan pengawalan petugas sehingga pelaksanaan nya dapat tertib, aman dan berkeselamatan," kata Sigit saat dihubungi, Selasa (4/6).

Dishub juga sudah menyiagakan sekitar 850 petugas di lapangan. Petugas yang disiagakan dari tingkat Dinas, Suku Dinas maupun tingkat kecamatan. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.