Dark/Light Mode

Habis Shalat Id, Anies Sawer Anak-anak dengan Uang Baru

Rabu, 5 Juni 2019 09:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai shalat Id, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan tradisi yang dialaminya waktu kecil. Yaitu bagi-bagi uang ke anak kecil.

"Itu tradisi sejak kecil. Bapak saya dulu bagi-bagi uang kalau Lebaran. Ayah selalu menyiapkan uang baru dan dibagikan ke anak-anak. Biasanya ditanya kelas berapa," kata Anies usai shalat Id di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (5/6) pagi.

Baca juga : Mega Kasih Salam dan Senyuman Menghibur

Anies menceritakan, waktu dulu, ayahnya membagi uang yang sebelumnya disimpan dalam peci. Sebab, baju koko kebanyakan tidak ada sakunya. Maka, dia melakukan hal serupa. Uang yang dibagikan ke anak-anak di Lebaran ini juga dia diambil dari dalam peci.

"Karena nggak punya kantong (di baju). Selalu kantongnya peci, itu tempat nyimpan uang sekarang," kata Anies.

Baca juga : Imami Salat Jenazah Ibu Ani, Kiai Maruf Terisak Haru

Anies melihat anak anak sangat senang saat menerima uang itu. Menurutnya, anak-anak tersebut akan bergantian membagi-bagikan uang saat dewasa nanti.

"Satu anak saya dikasih Rp 50 ribu. Di peci tadi ada 12, habis. Terus distok lagi. Untung ada ajudan bawa stok," kata Anies.

Baca juga : Persis DKI Jakarta Adakan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

Dia membagikan uang kepada yang bersalaman dengannya, selain itu kalau di jalanan ketemu anak-anak juga sudah disiapkan. Jumlah uang yang dibagi juga bervariasi.

"Jumlah bervariasi. Yang penting bukan pada jumlahnya. Yang penting barunya. Uangnya belum pernah ketekuk. Cuma kadang anak-anak selektif. Jadi bukan karena baru, biasanya warnanya juga. Kadang, anak kecil minta tukar warnanya dengan negosiasi," tutur Anies. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.