Dark/Light Mode

Rayakan Idul Fitri 1440 Hijriyah

Kyai Maruf Amin Serukan Masyarakat Jaga Kerukunan

Rabu, 5 Juni 2019 13:38 WIB
Kiai Maruf Amin bersama istri, Wury Estu Handayani menghadiri halal bihalal bersama Presiden Jokowi dan Wapres JK di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/6). (Foto: Istimewa).
Kiai Maruf Amin bersama istri, Wury Estu Handayani menghadiri halal bihalal bersama Presiden Jokowi dan Wapres JK di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/6). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah, Cawapres Ma'ruf Amin memaknai hari besar umat Muslim sebagai momentum bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk kembali kepada kebaikan dan kerukunan, terutama setelah adanya perbedaan pandangan politik pada pemilihan presiden tahun ini.

"Ramadan tahun ini telah usai, harapan demi harapan harus terus kita jaga untuk mempersiapkan diri memasuki bulan baru. Harapan saya untuk lebaran kali ini adalah persatuan bangsa,” ujar Ma’ruf Amin, Selasa (05/6/2019).

Ia mengimbau masyarakat Indonesia melupakan segala perbedaan, terutama terhadap pandangan politik masing-masing. Menurut dia, tugas sebagai warga negara yang lebih utama adalah membangun bangsa, di atas segala perselisihan yang mengakibatkan perpecahan.

Baca juga : Pramono Anung: Idul Fitri Adalah Sarana Menjaga Persatuan

Mantan Ketua Umum MUI ini menilai, Di momen lebaran yang fitri ini, sangat bagus untuk mempererat tali silaturrahmi. Kendati demikian, ia berharap jalinan persatuan itu didasari dari dalam hati, bukan paksaan.

“Mari kita jadikan momen lebaran untuk merajut kembali persaudaraan kita. Proses demokrasi akan selalu silih berganti, tetapi kerukunan dan persatuan kita harus dipupuk dari hati,” seru Ma’ruf Amin.

Buka "Open House"

Baca juga : Di Penghujung Ramadan, Oesman Sapta Undang KH Maruf Amin Buka Puasa Bersama

Ma'ruf Amin menggelar halalbihalal untuk merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah bersama keluarga, saudara, hingga pejabat politik, usai menemui Presiden Joko Widodo, Rabu.

Para tamu mendatangi kediaman Kiai Haji Ma'ruf di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, sejak pukul 10.00 WIB. Kiai Ma'ruf sejak pukul 09.05 telah bertolak ke Istana Presiden untuk bersilaturahim dengan Presiden Joko Widodo.

Sejumlah pejabat yang hadir, antara lain Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Pol. Mochamad Iriawan, Chairman CT Corp Chairul Tanjung, dan politikus PDIP Aria Bima. Mereka hadir untuk bersilaturahim dengan Kiai Ma'ruf.

Baca juga : Jelang Idul Fitri, Mendagri Minta Pemda Tetap Fokus Layani Masyarakat

Pada Idul Fitri 1440 Hijriah, Ma'ruf Amin beserta istri dan keluarga melaksanakan Shalat Id di Masjid Alhuda Talang, Pegangsaan, Menteng, atau tepatnya di belakang Gedung MUI Jakarta, Rabu pagi.

Setelah melaksanakan Shalat Id, ia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara untuk bersilaturahim. Ma'ruf tiba kembali di Rumah Situbondo sekitar pukul 10.45 WIB untuk mengadakan hialalbihalal hingga pukul 13.00 WIB.

"Setelah ke Istana Negara, nanti habis zuhur ke pesantren. Ada ketemu juga dengan saudara," kata Ma'ruf saat ditemui usai Salat Id di Gedung MUI Jakarta, Rabu pagi. (FAZ)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.