Dark/Light Mode

Nasi Goreng dan Tari Saman Pukau Masyarakat Beirut

Sabtu, 6 April 2019 08:44 WIB
Peserta Festival berpose di booth pernak-pernik Indonesia. (KBRI Beirut).
Peserta Festival berpose di booth pernak-pernik Indonesia. (KBRI Beirut).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebelas Kedutaan Besar negara-negara Asia yang berada di Lebanon bekerja sama dengan Lebanese University menyelenggarakan kegiatan Festival Kuliner Asia, Kamis (4/4). Kesebelas negara tersebut adalah Australia, Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Korea Selatan, Jepang, China, India, Pakistan, Filipina dan Sri Lanka.

Sejumlah sajian seni budaya dan kuliner memukau ratusan pengunjung yang merupakan warga masyarakat Lebanon, khususnya para mahasiswa dan civitas akademika di Univesitas tersebut.

Baca juga : Hasil Program Wajib Taman Bawang Putih Sudah Terlihat

Pada festival tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beirut menyajikan aneka kuliner berupa jajanan pasar, seperti onde-onde, lapis, mata roda, dan juga live cooking nasi goreng, yang dalam sekejab diserbu habis para pengunjung.

Selain itu, KBRI juga menghadirkan tari Saman oleh para mahasiswa Indonesia. Pada saat membuka kegiatan tersebut, Rektor Lebanese University, Prof Fouad Ayoub, menekankan, festival tersebut merupakan sarana dan wadah bagi pertukaran budaya yang tidak kalah pentingnya dengan pertukaran ilmiah pengetahuan dan teknologi.

Baca juga : Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Jangan Golput

“Kegiatan tersebut juga merupakan cerminan hubungan yang sangat baik antara Lebanon dengan negara-negara di Asia,” dalam keterangan pers KBRI Beirut, kemarin. Duta Besar Australia untuk Lebanon, Rebekah Grindlay, yang mewakili para Duta Besar, memberikan sambutan.

Dia menekankan perwakilan negara-negara Asia yang berada di Lebanon bersepakat untuk terus meningkatkan hubungan kerja sama dengan Lebanon dalam berbagai bidang, khususnya bidang ekonomi dan kebudayaan.

Baca juga : Sinergi BUMN Gelar Pangan Murah Hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Duta Besar RI Hajriyanto Y Thohari hadir dalam kegiatan tersebut. Dia senang melihat antusiasme masyarakat Lebanon. Baginya, kegiatan itu merupakan momentum yang sangat baik untuk mengenalkan budaya Indonesia bagi khalayak di Lebanon, terutama para generasi mudanya. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.