Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rayakan Earth Hour 1 Jam, Bandara SAMS Sepinggan Hemat Rp 6 Juta

Minggu, 31 Maret 2019 07:21 WIB
GM PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan Farid Indra Nugraha, di tengah perayaan Earth Hour 2019 di Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: IG Bandara SAMS Sepinggan)
GM PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan Farid Indra Nugraha, di tengah perayaan Earth Hour 2019 di Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: IG Bandara SAMS Sepinggan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dengan memadamkan lampu selama 1 jam dalam rangka perayaan Earth Hour pada Sabtu (30/3) pukul 20.30-21.30 WIB WITA, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan berhemat hingga Rp 6 juta dari tagihan listrik PLN. Perayaan Earth Hour tersebut dilangsungkan di lantai atap Gedung Parkir, yang sejajar dengan Terminal Keberangkatan.

"Secara keseluruhan, kegiatan ini tidak mengganggu aktivitas operasional, dan tidak mengurangi tingkat pelayanan serta keamanan Bandara Sepinggan. Listrik yang tidak dipadamkan, hanya di alur layanan penumpang yang meliputi sejumlah titik di tempat parkir, terminal keberangkatan, pendaftaran penumpang counter check in, gerbang pemeriksaan, dan gerbang keberangkatan," ujar General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Farid Indra Nugraha. 

Baca juga : Kembangkan Bandara Hanandjoeddin, AP II Siapkan Investasi Rp 560 Miliar

Pada saat yang sama, Bandara SAMS Sepinggan juga memberikan sedotan bambu kepada berbagai komunitas masyarakat. Farid berharap, pemberian sedotan bambu itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk turut mengurangi jumlah produksi sampah. Sebab, sedotan plastik yang selama ini banyak digunakan, menjadi penyumbang jumlah sampah terbesar.

Sedangkan perayaan Earth Hour, ditujukan untuk menggugah kesadaran masyarakat, akan pentingnya hemat energi.

Baca juga : Trump 1 Jam Lebih Bareng Kim Jong-un

Bandara Sepinggan merayakan Earth Hour ini bersama-sama dengan 13 bandara lainnya di bawah PT Angkasa Pura I. Antara lain, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar dan Bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin. 

Earth Hour 2019 dirayakan untuk ke-8 kalinya di Indonesia, dan menjadi tahun ke-2 keikutsertaan Bandara Sepinggan Balikpapan. Gerakan ini dimulai sebagai gerakan lingkungan yang diinisiasi World Wildlife Fund (WWF) secara global.

Baca juga : AP II Operasikan 3 Bandara Lagi, Pemerintah Hemat APBN

Earth Hour merupakan seremoni dengan tujuan menginspirasi semua pihak bertindak nyata terhadap penghematan energi. Mulai dari pribadi, perusahaan, organisasi, dan terutama juga pemerintah. Sejak tahun 2007, Earth Hour sudah mencapai 7.000 kota di 180 negara. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.