Dark/Light Mode

Lebaran di Rutan KPK, Jumlah Makanan Lebih Banyak dari Pengunjung

Rabu, 5 Juni 2019 14:07 WIB
Keluarga Tahanan mengantre di depan pintu rutan K4, Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (5/6). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka).
Keluarga Tahanan mengantre di depan pintu rutan K4, Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (5/6). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebaran Di Rutan KPK Jumlah Makanan Lebih Banyak Dari Pengunjung Rutan K4 Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipadati keluarga dan kerabat para tahanan kasus korupsi di hari pertama Hari Idul Fitri, Rabu (5/6).

Mereka tak datang dengan tangan kosong. Berbagai makanan dibawa serta. Mulai dari ketupat dan opor ayam, hingga kerupuk dan buah-buahan. Malah ada yang membawa ayam kampung hingga 3 kardus.

Bisa dibilang, makanan yang dibawa, jauh lebih banyak ketimbang penjenguknya. Malahan, ada makanan yang datang untuk eks ketua umum PPP Romahurmuziy alias Romy. Padahal, Romy saat ini masih dibantarkan di RS Polri lantaran sakit. Satu per satu makanan itu kemudian diperiksa petugas rutan.

Dibongkar, kemudian dipindahkan ke dalam kontainer plastik sebelum disampaikan kepada para tahanan. Saking banyaknya makanan, mobil boks digunakan untuk mengangkutnya.

Baca juga : KA Serayu Pagi Anjlok, Sejumlah Perjalanan Kereta Terganggu

Sementara para penjenguk, mengantre, menunggu namanya dipanggil untuk masuk ke dalam rutan. Antrean mengular.

Sempat terjadi keributan karena ada keluarga tahanan yang menyelak antrean. Suasana riweuh. Plt Kepala Rutan KPK, Komang Krismawati bolak-balik mengecek antrean pengunjung dan bongkaran makanan. Dia menolak diwawancarai wartawan.

"Ke Febri aja," ujarnya merujuk pada Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Wartawan tidak diperbolehkan masuk ke area rutan. Hanya diperkenankan mengambil gambar dari luar.

Salah satu di antara puluhan pengunjung adalah Oce Bungalan. Oce adalah ibu dari eks Ketua DPRD Sula, Zaenal Mus. Zaenal Mus adalah terdakwa kasus korupsi pengadaan lahan Bandara Bobong pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepulauan Sula tahun 2009.

Baca juga : Paling Banyak Pemudik Menderita ISPA

Dia sudah divonis 4 tahun penjara. "Bawa banyak, buah, kue basah, kue kering. Makanan favoritnya, makanan daerah termasuk papeda, bete-bete (ikan kuning)," ungkap Oce.

Menurut dia, pengunjung hanya diberi kesempatan bertemu selama sekitar 10 menit. Belum puas, esok dia akan kembali menjenguk putranya. Selama dua hari Lebaran, keluarga dapat membesuk selama tiga jam.

Pada hari pertama dan kedua lebaran yang jatuh pada 5 dan 6 Juni 2019, keluarga dapat mengunjungi tahanan dari jam 09.00-12.00 WIB. Ada 30 orang tahanan kasus dugaan korupsi yang berada di Rutan K4. Selain di Rutan K4, ada juga tahanan KPK yang berada di Rutan Guntur dan Rutan di gedung lama KPK.

Para tahanan KPK yang mendekam di rutan K4 di antaranya tersangka kasus korupsi kerja sama pengangkutan pupuk, Bowo Sidik Pangarso, terdakwa kasus suap proyek PLTU Riau-1 Idrus Marham yang tengah mengajukan banding atas putusan 3 tahun penjara.

Baca juga : Libur Lebaran, Pelayanan Publik Di Bekasi Tetap Buka

Eks Dirut PLN Sofyan Basir, Ketum PPP Romahurmuziy alias Rommy, Direktur Utama PT Erni Putra Terari sekaligus terdakwa penyuap hakim Merry Purba, Tamin Sukardi dan terdakwa suap sistem penyediaan air minum (SPAM) Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (PT WKE), Budi Suharto.  [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.