Dark/Light Mode

8 Penumpang Longboat Berhasil Diselamatkan Tim SAR

Kamis, 6 Juni 2019 17:45 WIB
Tim SAR selamatkan 8 penumpang longboat, Kamis (6/6). (Foto: Antara).
Tim SAR selamatkan 8 penumpang longboat, Kamis (6/6). (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Delapan penumpang Longboat berhasil diselamatkan Tim SAR gabungan dari unsur Pos SAR Tual, Brimob, Satpol Air dan KP3 Tual. Para korban mengalami mati mesin ketika dalam perjalanan dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar menuju Kota Tual.

Disampaikan Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslim di Ambon, Kamis (6/6) seperti yang diterima kantor berita Antara,"Mereka telah ditemukan sekitar pukul 12:25 WIT pada posisi 5°41.907 S - 132°49.273 E dalam keadaan selamat."

Baca juga : Penumpang Angkutan Laut Harus Pahami dan Ikuti Aturan Keselamatan Pelayaran

Selanjutnya pada pukul 13:00 WIT, seluruh korban dievakuasi menuju Dermaga Perikanan Tual dengan selamat sesuai rencana operasi dan sekitar 1,5 jam perjalan, tim SAR dari Pos SAR Tual beserta unsur potensi SAR menggunakan kapal negara SAR Bharata merapat di dermaga Perikanan Tual.

"Dengan ditemukannya 8 penumpang longboat tersebut maka operasi SAR dinyatakan selesai dan diajukan untuk ditutup," jelas Muslimin.

Baca juga : Pemindahan Ibu Kota Baru Masih Dikaji

Kepada pihak SAR yang terlibat dikembalikan ke satuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih. Long boat tersebut sedang dalam perjalanan dari Desa Neron di Larat, (Pulau Yamdena Utara) Kabupaten Kepulauan Tanimbar menuju Kota Tual.

Awalnya tim SAR gabungan dikerahkan setelah menerima informasi pada Kamis, (6/6) sekitar pukul 10:35 WIT kalau longboat tersebut dilaporkan mengalami mati mesin pada koordinat yang diduga 05'43.377 S - 132'50.653 E dan jarak 21 Nm arah 135 derajat tenggara dari Kota Tual.

Baca juga : Gunung Anak Krakatau Erupsi Selama 59 Detik

Identitas para penumpang longboat antara lain Acmal Qilitutubun (pejabat desa), Luki Refra (anggota Koramil), Abdulah, Yahdi Rahan, Halas Refra (wanita), Eda Refra (wanita), Ida Retob (wanita) serta Nesti Retob.

Pada saat pencarian, kondisi cuaca sedang terjadi hujan ringan dengan angin yang bergerak dari arah timur ke selatan dengan ketinggian gelombang berkisar 0.5 - 4 meter dan berkecepatan 5 - 25 knots. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.