Dark/Light Mode

59.030 Anak Di Kota Tangerang Sudah Divaksin Dosis Pertama

Minggu, 26 Desember 2021 15:55 WIB
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat meninjau vaksinasi anak. (Foto: Pemkot Tangerang)
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat meninjau vaksinasi anak. (Foto: Pemkot Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Kesehatan Kota Tangerang terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun serta masyarakat umum guna membentuk kekebalan komunal. Dalam 12 hari pelaksanaan, 14  hingga 25 Desember 2021, sebanyak 59.030 anak sudah divaksin atau 31,7 persen dari target 186.349 anak.

Capaian ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Apalagi sentra vaksin anak tersedia di banyak tempat seperti sekolah, pusat perbelanjaan, hingga rumah sakit. Pemkot Tangerang memastikan, vaksinasi anak ini gratis tanpa dipungut biaya apa,pun.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, rumah sakit yang menggelar vaksinasi bagi anak di antaranya RS Hermina, RS Sari Asih Ar-Rahmah dan RS Sitanala Kota Tangerang. Sedangkan untuk pusat perbelanjaan yakni Mall Alam Sutra, Mall Tangcity, Icon Mall, dan CBD Mall.

Baca juga : Pemkot Bandung Bidik 438 SD Dan 31 Madrasah Divaksinasi

"Para orang tua yang ingin membawa anak-anaknya untuk vaksinasi bisa memilih tempat fasilitas umum yang disediakan seperti pusat belanja dan rumah sakit. Dengan banyaknya lokasi vaksinasi yang disediakan, maka akan membantu percepatan. Di sisi lain, vaksinasi di sekolah juga tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan," ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (26/12).

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Tangerang, ada 522 sekolah yang menggelar vaksinasi bagi anak dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Sementara, untuk vaksinasi masyarakat umum mulai usia 12 tahun keatas hingga lansia, bisa datang ke RSUD Kota Tangerang maupun RS Sitanala. Sentra vaksin juga digelar di lokasi lainnya melalui kegiatan Kecamatan/Kelurahan serta Puskesmas.

"Semoga dengan adanya sentra-sentra vaksinasi Covid-19 di rumah sakit-rumah sakit bisa menjangkau masyarakat yang sedang berkunjung maupun yang sengaja datang untuk melakukan vaksinasi terlebih untuk anak usia 6 hingga 11 tahun," ujarnya.

Baca juga : Datangi Karawang, Mentan Tinjau Komoditas Pertanian

Arief berharap agar semua pihak bekerja sama dalam mennyukseskan kegiatan vaksinasi ini dengan membawa keluarga maupun anak dalam memenuhi pembentukan kekebalan komunal. "Mari kita bersama-sama dalam mewujudkan masyarakat Kota Tangerang yang sehat dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk menuju kehidupan yang semakin sejahtera dan sehat," ajaknya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tangerang, capaian vaksinasi mulai tanggal 14 hingga 25 Desember 2021 terus mengalami peningkatan. Hal ini seiring dengan dimasifkannya kegiatan ini serta pembukaan banyak sentra vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni merinci, pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi ada 1.004 anak yang disuntik vaksin. Lalu hari kedua bertambah menjadi 2.650 anak, hari ketiga menjadi 4.731 anak, hari keempat menjadi 7.553 anak, hari kelima bertambah jadi 9,454 anak, hari kelima menjadi 9.619 anak.

Baca juga : Naik KA Jarak Jauh Di Masa Nataru, Penumpang Usia 17 Tahun Ke Atas Harus Sudah Divaksin Lengkap

Lalu, hari ketujuh bertambah menjadi 11.449 anak, hari kedelapan menjadi 19.349 anak, hari kesembilan menjadi 32.843 anak dan hari kesepuluh yakni menjadi 45.252 anak atau bertambah 12.409.

"Selama tiga hari terakhir terjadi penambahan jumlah anak yang divaksin yakni tanggal 21 desember ada 7.900 anak dalam sehari divaksin, tanggal 22 desember ada 13.494 anak divaksin, dan tanggal 23 desember ada 12.409 anak divaksin," ujarnya.

Untuk capaian vaksinasi tingkat Kota Tangerang secara umum dengan target 1.479.301 adalah untuk dosis pertama sudah sebanyak 1.461.751 orang atau 98,8 persen dan dosis kedua sudah 1.070.838 orang atau 72,4 persen. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.