Dark/Light Mode

Atasi Banjir Butuh Anggaran Gede

Anies Didorong Nyari Pembiayaan Alternatif

Selasa, 28 Desember 2021 06:37 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meninjau pembangunan tanggul pantai dan pengerukan lumpur di Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/12/2021). (Foto: Humas Pemprov Jakarta)
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meninjau pembangunan tanggul pantai dan pengerukan lumpur di Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/12/2021). (Foto: Humas Pemprov Jakarta)

 Sebelumnya 
Sementara, Ketua Komisi D DPRD DKI, Ida Mahmudah mendorong Pemprov DKI mencari dana alternatif untuk mempercepat penanggulangan banjir.

“Pemprov bisa mencari solusi non-APBD seperti dana KLB (koefisien lantai bangunan), CSR (Corporate Social Responsibility) atau kewajiban swasta lainnya. Tentu bisa kalau gubernurnya mau. Sebab, pembangunan tanggul misalnya, sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di pinggiran pantai Jakarta Utara,” sebutnya.

Bangun Tanggul Laut

Baca juga : Tutup Tahun 2021, Sharp Indonesia Borong 6 Penghargaan Prestisius

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan Pemprov DKI bakal melanjutkan pembangunan tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Sejak dibangun pada 2019 lalu, Jakarta baru menyelesaikan pembangunan tanggul sepanjang 12,6 km dari target 46 km.

“Kekurangannya sepanjang 33 km akan kami kerjakan bersama-sama dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” jelasnya.

Dijelaskannya, pembangunan tanggul pantai NCICD merupakan salah satu upaya antisipasi banjir rob dan penataan kawasan pesisir. Pembangunan tanggul NCICD akan terus diupayakan secara berkelanjutan dengan kolaborasi bersama berbagai pihak.

Baca juga : Jelang Putaran Kedua Liga 1, Arema FC Datangkan Pemain Anyar

“Total rencana pembuatan tanggul 130 kilometer dari Kamal Muara sampai Kali Blencong. Dari semua itu, kami prioritaskan 46 km dulu pada titik-titik yang cukup kritis,” ujarnya.

Untuk menghadapi banjir saat ini, Politisi Gerindra ini menyarankan masyarakat membuat tanggul sementara.

“Mohon dari masyarakat (dapat) membantu di lingkungan masing-masing untuk membuat tanggul sementara dengan tumpukan pasir/batu dengan kemampuan masing-masing,” katanya. Dia memastikan pihaknya serius menanggulangi banjir di Jakarta.

Baca juga : Anies Diganyang Pengusaha

“Kami anggarkan lebih dari Rp 2 triliun setiap tahun untuk penanganan banjir,” katanya. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.