Dark/Light Mode

Dinas LH DKI Sebut Kualitas Udara Jakarta Terus Membaik

Kamis, 30 Desember 2021 20:45 WIB
Ilustrasi udara di Jakarta. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi udara di Jakarta. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Nirwono Yoga, Direktur Eksekutif Pusat Studi Perkotaan menyambut baik tren membaiknya kualitas udara di Jakarta. Namun dia menekankan Jakarta perlu memiliki peta jalan (road map) dan rencana induk untuk membuat ibu kota bebas dari polusi.

Dengan roadmap ini bisa tergambar bagaimana kondisi Jakarta dalam 10 tahun ke depan. Kata Nirwono, dengan sudah diketahuinya jika transportasi menjadi sumber utama emisi, maka harus fokus penanganan emisi dari transportasi.

Baca juga : Dinamika KNPI DKI Jakarta, Ini Sikap Tegas BMK 1957 DKI Jakarta

“Kita fokus dulu, misalnya untuk 10 tahun ke depan, mengembangkan transportasi yang menjadi sumber polutan. Kita optimalkan penanganannya,” jelas Nirwono.

Selain itu, kata Nirwono, fokus pada tugas Pemprov DKI. Pertama, menata kawasan pusat kota dan kawasan terpadu transportasi untuk dibangun, dikembangkan atau diremajakan.

Baca juga : Pemerintah Apresiasi NSS Samakan Kualitas Sawit Petani Dan Perusahaan

Kedua, menyediakan insfratuktur pejalan kaki dan segala macamnya dalam upaya menekan emisi. Lalu, keterlibatan masyarakat. Untuk medorong peralihan gaya hidup.

“Bagaimana cara kita mendorong masyarakat agar lebih memilih transportasi ramah lingkungan. Seperti bersepeda atau berjalan kaki, misalnya," ujarnya. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.