Dark/Light Mode

4 Tahun Berturut-turut Rapor Kemacetan Jakarta Membaik, Kepala Dishub DKI Buka Rahasia

Kamis, 10 Februari 2022 21:45 WIB
Ilustrasi lalu lintas di kawasan Jl. MH Thamrin Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi lalu lintas di kawasan Jl. MH Thamrin Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

 Sebelumnya 
Pertama, penataan stasiun KRL yang terintegrasi dengan Transjakarta juga MRT/LRT. Serta perbaikan sistem integrasi angkutan umum melalui Program JakLingko, sehingga mobilitas masyarakat - termasuk aksesibilitas pejalan kaki serta integrasi antar moda - menjadi teratur dan tertata.

Kedua, peningkatan kualitas dan area jangkau angkutan umum di DKI, yang ditujukan untuk mendorong masyarakat untuk beralih ke angkutan umum.

Baca juga : Menpora Sambut Baik Kejuaraan Dunia Menembak Pertama Kali Di Indonesia

Ketiga, penambahan dan revitalisasi trotoar, serta penambahan jalur sepeda untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan moda transportasi yang ramah lingkungan.

Keempat, pada tahun 2021, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah melaksanakan penanganan pada 38 titik kemacetan.

Baca juga : Banyak Warga DKI Tak Paham Hadapi Bencana

Sejak tahun 2018 sampai akhir tahun 2021, Dinas Perhubungan DKI Jakarta berhasil mengurai 108 titik kemacetan. Sehingga, target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk kecepatan rata-rata di 41 koridor jalan utama pada jam sibuk berhasil terlampaui, di angka 24,91 km/jam.

Kelima, penerapan kebijakan pembatasan lalu lintas dengan sistem Ganjil-Genap pada 25 ruas jalan utama di jam-jam sibuk, yaitu Senin-Jumat, pukul 06.00 - 10.00 WIB dan 16.00 - 21.00 WIB.

Baca juga : 2 Hari Berturut-turut, Kasus Kematian Cetak Angka Terendah Di Tahun Ini

Pada masa pengendalian Covid-19,  jumlah ruas jalan ganjil genap hanya diberlakukan di 13 ruas jalan. Serta pada pintu-pintu masuk tempat wisata utama seperti Ancol Taman Impian, Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Margasatwa Ragunan, mulai Jumat pukul 12.00 WIB  - Minggu pukul 18.00 WIB.

“Pemprov DKI terus berbenah menata sistem transportasi di Jakarta. Agar warga semakin mudah beraktivitas, mobilitasnya efisien dan kemacetan berkurang. Ini mendukung konsep Jakarta sebagai kota yang ramah lingkungan,” terang Syafrin. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.