Dark/Light Mode

Anies Berharap Jakarta Jadi Ibukota yang Ramah Lingkungan

Selasa, 18 Juni 2019 19:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah berbatik) bersama para pimpinan negara di Asia Tenggara dalam peresmian program C40 Climate Action Planning di Jakarta, Selasa (18/6). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah berbatik) bersama para pimpinan negara di Asia Tenggara dalam peresmian program C40 Climate Action Planning di Jakarta, Selasa (18/6). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima Kota Besar di Asia Tenggara yakni Jakarta, Hanoi, Ho Chi Minh, Kuala Lumpur dan Quezon City mengumumkan komitmen bersama untuk memenuhi Perjanjian Paris dalam melakukan aksi perubahan iklim.

Kelima kota ini bergabung bersama lebih dari 70 kota lainnya di bawah naungan C40 meluncurkan secara resmi Program C40 Climate Action Planning untuk Kawasan Asia Tenggara.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan kesempatan ini merupakan kebanggaan baginya dan DKI Jakarta untuk menjadi tuan rumah. C40 Climate Action Planning Programme yang dilaksanakan di Jakarta hari ini Selasa (18/6) sampai dengan esok hari.

Baca juga : Pendatang Baru Harus Punya Keahlian dan Keterampilan

“Ini kesempatan untuk belanja ide, membagikan apa-apa saja yang telah kami lakukan. Dan juga kami berharap untuk menghubungkan dan saling bertukar pengalaman," ungkap Gubernur Anies Academy di Balai Agung, Balaikota Jakarta, pada Selasa (18/6).

Anies menjabarkan beberapa tantangan yang dihadapi DKI Jakarta terkait isu lingkungan hidup untuk didiskusikan bersama dan mencari alternatif solusi terbaik dari berbagai belahan dunia.

Beberapa isu lingkungan tersebut, antara lain gas emisi rumah kaca, peralihan dari kendaraan pribadi menuju transportasi publik, penurunan permukaan tanah, dan limpahan air yang berasal dari hulu karena DKI Jakarta merupakan muara dari 13 anak sungai menuju Laut Jawa.

Baca juga : Miss Jakarta Fair Masuki Babak Semi Final

"Tantangan kita hari ini adalah bagaimana memastikan perkembangan perekonomian di Jakarta berbarengan dengan ekologi. Karena di masa lalu, rupanya ekonomi dan ekologi bekerja bersama,” jelasnya.

Anies menegaskan komitmennya dalam penyusunan kebijakan dan fiskal terkait isu lingkungan hidup di Pemprov DKI Jakarta.

Karena itu, Anies berharap pertemuan antar kota di Asia Tenggara yang dilakukan di Jakarta dapat membawa perubahan lingkungan yang positif untuk diterapkan di masing-masing wilayah, khususnya DKI Jakarta. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.