Dark/Light Mode

Sumenep Diguncang Gempa M 5,0, Tak Berpotensi Tsunami

Selasa, 2 April 2019 12:38 WIB
Ilustrasi Gempa. (Foto: BMKG)
Ilustrasi Gempa. (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi terjadi pada hari Selasa (2/4) pukul 08:22:44  WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terletak pada koordinat 114,6° BT dan 7,24° LS, dengan magnitudo M 5,0 pada kedalaman 10 km, berjarak 84 km tenggara Sumenep, Jawa Timur.

Baca juga : Pemilu Tak Boleh Timbulkan Luka Baru

The United States Geological Survey (USGS), Amerika, menginformasikan bahwa pusat gempa bumi terletak pada koordinat 114,537° BT dan 7,212° LS, dengan magnitudo M 4,6 pada kedalaman 21,3 km.
Pulau Madura mayoritas  merupakan  bagian  dari  Antiklinorium  Rembang Madura, yang   berkaitan  dengan  aktifitas  Zona Patahan  Rembang-Madura-Kangean-Sakala  (RMKS), dan   hanya  sebagian  kecil  yang merupakan pedataran  pantai yang berupa dataran aluvial. 

Baca juga : Gempa 5,2 M Guncang Malang, Tak Berpotensi Tsunami

Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya yang dangkal, gempa bumi ini di sebabkan oleh aktivitas sesar di lokasi tersebut. Berdasarkan data BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan dengan intensitas II - III skala MMI (Modified Mercalli Intensity) di Situbondo, serta II skala MMI di Denpasar dan Singaraja.

Baca juga : Pangandaran Diguncang Gempa M 4,6

Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena meskipun berpusat di laut namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu tsunami. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.