Dark/Light Mode

Aktivis Lingkungan: Green Race Formula E Jangan Sekadar Tagline!

Sabtu, 5 Maret 2022 14:39 WIB
Calon lintasan Formula E di Ancol, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)
Calon lintasan Formula E di Ancol, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Penggunaan Bambu Sudah Lewat Kajian

Penanggung jawab Proyek Sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Ari Wibowo, mengatakan, penggunaan bambu sudah diperhitungkan. "Bambu ini untuk semacam rakitnya," kata Ari di lokasi pembangunan sirkuit Formula E, Rabu (23/2).

Baca juga : Aktivis Tagih Firli Usut Dugaan Korupsi Formula E

Ari menjelaskan alasan penggunaan bambu untuk bagian lapisan bawah tanah sirkuit Formula E.

"Dari sisi engineering ada hitungannya dia akan turun berapa lama. Bambu itu dipilih karena tahan terhadap air dan dia bisa dipecah, bisa jadi rata, bisa diratakan," ucapnya.

Baca juga : DPD: Jangan Setengah Hati Membantu UMKM

Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz membela. Kata dia, penggunaan bambu telah diaplikasikan dalam pembangunan beberapa ruas tol di Indonesia, seperti di Jalan Tol Semaran-Demak.

"Sudah biasa menggunakan bambu, sekarang pembangunan jalan tol juga menggunakan bambu," ujarnya.

Baca juga : Aktivis: Lagi Pandemi, Formula E Terkesan Dipaksakan

Aziz meminta kepada publik agar mengkritik dengan memakai kajian. Apalagi bambu memiliki unsur 3R yakni reuse, reduce, recycle.

"Karena ternyata bambu lebih efisien dan efektif. Jadi, kita harus merujuk pada kajian para ahli, bukan sekadar mendengar orang yang menkritik tanpa kajian," kata Aziz yang juga menjadi anggot Komisi E DPRD DKI Jakarta ini. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.