Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Aktivis Tagih Firli Usut Dugaan Korupsi Formula E

Senin, 21 Februari 2022 17:19 WIB
Gerakan Aktivis Anti Korupsi (Gasak) seret koruptor Formula E beraksi di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta Selatan, Senin (21/2).  (Foto: Istimewa)
Gerakan Aktivis Anti Korupsi (Gasak) seret koruptor Formula E beraksi di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta Selatan, Senin (21/2).  (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok massa tergabung dalam Gerakan Aktivis Anti Korupsi (Gasak) seret koruptor Formula E beraksi di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta Selatan, Senin (21/2).

Kedatangan mereka mendukung sekaligus menagih tagline Ketua KPK Firli Bahuri yang saat ini sedang viral dengam baliho siapa saja yang korupsi kita tangkap.

Kami sangat mendukung KPK untuk tangkap siapa saja yang korupsi terutama kasus Formula E yang sedang diusut dan diproses oleh penyidik KPK. Tinggal menanti pembuktiannya. Kita menanti dan menagih ada yang mengenakan rompi oranye," tegas Koordinator Aksi Salim dari mobil komando.

Baca juga : Geruduk KPK, Aktivis Desak Usut Tuntas Kasus Formula E

Dalam aksinya tersebut, massa aksi juga membawa beberapa spanduk dan poster berisi mendukung penuntasan kasus dugaan korupsi Formula E.

Lebih lanjut, Salim mengatakan, dugaan kecurangan demi kecurangan akhirnya terbongkar dalam ajang Formula E. Dugaan ini sudah mulai dibuka oleh beberapa pengamat dan digarap oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dia juga menyebutkan temuan kejanggalan lainnya seperti mekanisme pembayaran commitment fee yang dinilainya telah menyalahi aturan hingga tender sirkuit Formula E yang disebut dikerjakn dalam waktu singkat.

Baca juga : KPK Serius Usut Tuntas Dugaan Korupsi Formula E

"Semuanyanya menguatkan kecurigaan ada dugaan korupsi pada perhelatan Formula E tersebut. Sangat jelas tidak ada transparansi dan penuh akal-akalan," nilainya.

Dia menyakini masyarakat Indonesia juga ikut mendukung pengusutan konspirasi dan penyimpangan dalam kasus Formula E tersebut secara tuntas. Selain itu, dia meminta, jika ada dugaan penyimpangan dalam gelaran Formula E, maka oknum-oknum yang terlibat menerima aliran dana tersebut harus bertanggung jawab.

"Harapan besar rakyat Indonesia, yang menerima aliran dana Formula E bisa jujur. Dan langkah KPK untuk memprosesnya sangat penting agar tata kelola pemerintahan bisa transparan. Beri efek jera kepada oknum yang tidak bertanggung jawab," jelasnya.

Baca juga : Kejagung Naikkan Kasus Dugaan Korupsi Garuda Ke Tahap Penyidikan

Lebih jauh, Salim menyakini lembaga antirasuah akan bekerja profesional dan serius dengan meningkatkan ke proses penyidikan pada kasus Formula E tersebut.

"Kami yakin KPK bisa temukan peristiwa pidananya berdasarkan bukti permulaan yang cukup. Dan siap-siap ada yang ngeri-ngeri sedap menunggu perkembangan selanjutnya pada kasus Formula E," pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.