Dark/Light Mode

Antisipasi Bencana Banjir

Telkom Sidak Infrastruktur Jaringan Di Bendungan Katulampa

Senin, 7 Maret 2022 22:40 WIB
Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 2 Jabodetabek & Banten Mohammad Salsabil didampingi General Manager (GM) Witel Bogor Muskab Muzakkar memeriksa kondisi jaringan telekomunikasi di wilayah Bendungan Katulampa, Senin (7/3). (Foto: Istimewa)
Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 2 Jabodetabek & Banten Mohammad Salsabil didampingi General Manager (GM) Witel Bogor Muskab Muzakkar memeriksa kondisi jaringan telekomunikasi di wilayah Bendungan Katulampa, Senin (7/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki bulan Maret 2022, kondisi cuaca ekstrim kerap melanda wilayah Jabodetabek dan Banten, yang tidak dapat dipungkiri dapat memengaruhi aktivitas masyarakat.

Cuaca ekstrim angin kencang dan hujan yang terjadi membuat harus lebih waspada terhadap segala kemungkinan. Tak terkecuali kemungkinan tingginya volume air dari hujan yang berpotensi menimbulkan banjir.

Upaya antisipasi banjir selalu dilakukan, di antaranya dengan melakukan monitoring di titik-titik vital seperti Bendungan Katulampa.

Baca juga : Tinjau Lokasi, PUPR Data Infrastruktur Yang Rusak Akibat Gempa Sumbar

Bendungan Katulampa yang sudah beroperasi sejak tahun 1911 mengalirkan air dari Sungai Ciliwung, Bogor Timur, ke Jakarta, Depok, dan Cilangkap sebelum akhirnya bermuara di Kawasan Kali Besar, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menjadi salah satu titik penting dalam pemantauan siaga banjir khususnya pada cuaca ekstrim, kondisi operasi Bendungan Katulampa menjadi sangat penting.

Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 2 Jabodetabek & Banten Mohammad Salsabil didampingi General Manager (GM) Witel Bogor Muskab Muzakkar melakukan pemeriksaan kondisi jaringan telekomunikasi di wilayah Bendungan Katulampa, khususnya pada Posko Pengawas Ciliwung Bendungan Katulampa.

Baca juga : Risiko Bencana Harus Turun, Bukan Nambah

"Antisipasi siaga pada Bendungan Katulampa menjadi perhatian khusus dan menjadi kewajiban kita bersama untuk memastikan infrastruktur pendukung, salah satunya jaringan telekomunikasi, dalam kondisi prima," ujar EVP Telkom Regional 2 Jabodetabek & Banten Mohammad Salsabil dalam keterangannya, Senin (7/3).

Selain melakukan inspeksi kondisi jaringan telekomunikasi, pemantauan perangkat pemantauan kondisi perangakat pendukung pemantauan, Mohammad Salsabil dan Muskab Muzakkar juga menyalurkan dukungan berupa paket sembako kepada para petugas Posko Pengawas Ciliwung, sebagai bentuk dukungan bagi para tim yang berjaga.

"Harapannya, dengan dukungan perangkat pemantauan serta jaringan IndiHome di Posko ini, pemantauan situasi debit air dapat berlangsung dengan lancar, sehingga menjadi salah satu kekuatan Posko Bendungan katulampa," harap Muskab Muzakkar.

Baca juga : Ingat Yaaa... Pembangunan Infrastruktur Jangan Nambah Risiko Bencana

"Telkom menjadi salah satu BUMN yang paling terkait dan konsisten dalam mendukung keberlangsungan Posko Bendungan Katulampa. Kedepannya, kami harap sinergi ini selalu berlanjut demi menjaga keamanan kita Bersama," ungkap Andi Sudirman, salah seorang penjaga Posko Bendungan Katulampa. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.