Dark/Light Mode

Tinjau Lokasi, PUPR Data Infrastruktur Yang Rusak Akibat Gempa Sumbar

Senin, 28 Februari 2022 23:48 WIB
Alat berat dikerahkan untuk benahi kerusakan rumah akibat gempa di Pasaman Barat.
Alat berat dikerahkan untuk benahi kerusakan rumah akibat gempa di Pasaman Barat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau penanganan darurat lokasi terdampak gempa di Pasaman dan Pasaman Barat, Sumatera Barat, Senin (28/2). 

"Saya sudah memerintahkan para Kepala Balai untuk bekerja bersama-sama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  dan Pemerintah Daerah menuntaskan inventarisasi kerusakan bangunan, terutama fasilitas sosial/fasos dan fasilitas umum/fasum (RS, puskesmas, sekolah, dll) dan kantor pemerintahan, serta segera melakukan rehabilitasi atas kerusakan tersebut," kata Basuki. 

Baca juga : Tolongin Tuh, Gempa Sumbar!

Menurut laporan BNPB, terdapat 5 kabupaten yang terdampak gempa bumi, yakni Kabupaten Pasaman,Pasaman Barat, 50 Koto, Agam dan Pariaman. 

Menteri dua periode ini menyampaikan kepada Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi untuk membuat daftar inventarisasi gedung-gedung/fasilitas publik yang mengalami kerusakan berat dan berkonsultasi dengan BNPB. 

Baca juga : Ingat Yaaa... Pembangunan Infrastruktur Jangan Nambah Risiko Bencana

"Hasilnya agar dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Bupati dan diusulkan ke Kementerian PUPR. Kami siap membantu perbaikannya untuk gedung fasos/fasum yang mengalami kerusakan berat," kata Basuki. 

Dalam tinjauan tersebut Basuki juga meninjau penanganan darurat pembukaan alur sungai di Sungai Batang Nango/Sopan yang tersumbat longsoran dan melihat Masjid Raya Kajai yang runtuh akibat gempa bumi di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat lalu (25/2). 

Baca juga : Tinjau Lokasi IKN, Kapolri Ingin Pastikan Proses Pembangunan Berjalan Lancar

Sebagai langkah penanganan darurat, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang Kementerian PUPR telah menurunkan 3 alat berat berupa 1 excavator di Nagari Malampah Kabupaten Pasaman, 1 excavator di Nagari Kajai Kabupaten Pasaman Barat, dan 1 dumptruck di Nagari Kajai Kabupaten Pasaman Barat. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.