Dark/Light Mode

Komitmen Ciptakan Kesetaraan, anies Sudah Gelontorkan Bantuan Rp 149 M Untuk Rumah Ibadah Seluruh Agama

Selasa, 22 Maret 2022 08:45 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkomitmen menciptakan keadilan serta kesetaraan umat beragama dalam memperoleh hak untuk beribadah tenang dan nyaman.

Komitmen itu ditunjukkan Anies secara nyata dengan menyalurkan bantuan dana untuk rumah ibadah seluruh agama di DKI Jakarta.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta, Aceng Zaeni mengungkapkan, terdapat 65 rumah ibadah dari berbagai umat beragama yang dibantu oleh Pemprov pada tahun 2022 ini.

"Untuk Rumah ibadah di tahun 2022 ini ada 65, baik itu gereja, masjid, wihara, mushola dan lain sebagainya," ujar Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta, Aceng Zaini, Selasa (22/3). 

Aceng melanjutkan, total bantuan dana yang disalurkan Pemprov DKI Jakarta untuk rumah ibadah seluruh agama di tahun 2022 ini sebesar Rp 11 miliar.

Bantuan tersebut disalurkan guna merenovasi 65 rumah ibadah umat beragama tersebut. "Untuk hibahnya sebesar Rp 11 miliar. Digunakan untuk renovasi pembangunan rumah ibadah," paparnya. 

Aceng memastikan, bantuan dana untuk rumah ibadah seluruh umat beragama di Jakarta terus bertambah setiap tahunnya.

Hal ini, kata Aceng, termasuk peningkatan dari sisi jumlah rumah ibadah yang dibantu oleh Pemprov DKI Jakarta pimpinan Anies Baswedan. "Dari 2019 hingga 2022 ini ada peningkatan," ungkap Aceng.

Sedangkan untuk program bantuan operasional tempat Ibadah atau BOTI, lanjut Aceng, pihaknya menyalurkan kepada ribuan masjid, gereja dan tempat ibadah lainya hingga Vihara di 2022.

"Untuk BOTI, itu nilainya sebesar Rp 2 juta untuk masjid (12 bulan ada 3.300 masjid. Sedangkan, untuk gereja ada 1.379, guru sekolah Minggu dan kosternya juga dibantu, koster itu seperti marbot di masjid," tandasnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Lainnya