Dark/Light Mode

Luncurkan Kapal Ambulans Untuk Warga Kepulauan, Anies: Kita Wujudkan Kesetaraan

Kamis, 23 Desember 2021 21:43 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI Jakarta tengah berusaha mewujudkan kesetaraan dan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta. Termasuk bagi warga yang tinggal di Kepulauan Seribu.

Untuk pelayanan kesehatan warga Kepulauan Seribu, Pemprov DKI Jakarta meluncurkan Kapal Ambulans Prof Abdulrachman Saleh. Peluncuran secara simbolis digelar di Ruang Pola, Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (23/12).

Baca juga : Anies Larang Bunyikan Terompet Dan Petasan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mangatakan, Kapal Ambulans ini merupakan ikhtiar Pemprov DKI Jakarta dalam menghadirkan kesetaraan akses dan pelayanan kesehatan.

"Kita ingin mereka yang tinggal di kepulauan merasakan kesetaraan pelayanan. Kita sedang mengirimkan pesan pada seluruh penduduk Ibu Kota bahwa kesetaraan kesempatan dan pelayanan harus hadir. Itu artinya apa yang dikerjakan di daratan harus bisa dikerjakan juga di wilayah kepulauan," ujar Anies.

Baca juga : Karantina Mestinya Dijadikan Kesadaran, Bukan Hukuman

Anies lalu memaparkan makna pemberian nama pada Kapal Ambulans tersebut. Abdulrachman Saleh merupakan pahlawan nasional asal Jakarta. Ia juga merupakan dokter pada periode awal kemerdekaan, ahli ilmu faal, perintis teknologi radio, sekaligus perintis penerbangan Indonesia.

"Terima kasih yang sudah hadir di sini, keluarga dari Bapak Abdulrachman Saleh. Semasa hidup beliau dijuluki karbol yang berarti teladan. Dia salah seorang dokter periode awal dari Jakarta, bapak ilmu faal, dan lain sebagainya," jelasnya.

Baca juga : TASPEN Salurkan Bantuan Untuk Warga Kurang Mampu Dan Anak Yatim Piatu

Anies mengungkapkan, republik ini dipenuhi dengan orang-orang yang menghibahkan nyawanya untuk memperjuangkan keadilan. "Bukan semata-mata merdeka, dan ketika kapal ambulans ini mau diberi nama, kita harus memberi nama yang membawa pesan dan Abdulrachman Saleh ini sangat tepat," tandasnya. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.