Dark/Light Mode

Isi Masa Reses, Marsiaman Saragih Salurkan Bantuan Modal Usaha Ke UMKM Dan Dana Rehab Tempat Ibadah

Senin, 7 Maret 2022 14:45 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Marsiaman Saragih menyerahkan 500 paket sembako di Pelalawan, Riau. (Foto: Ist)
Anggota Komisi X DPR RI Marsiaman Saragih menyerahkan 500 paket sembako di Pelalawan, Riau. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPR memasuki masa reses mulai Sabtu (19/2) hingga Senin (14/3). Masa reses merupakan momen seluruh anggota Dewan kembali ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Anggota Komisi XI DPR Marsiaman Saragih menggunakan kesempatan masa reses untuk terjun langsung dan berinteraksi dengan masyarakat yang ada di daerah pemilihan atau dapilnya, yakni Riau.

"Jadi masa reses merupakan kesempatan untuk menyapa dan mendengarkan aspirasi masyarakat," ujar Marsiaman dalam keterangannya, Senin (7/3).

Baca juga : Satgas DKI Berikan Bantuan Logistik Ke Korban Gempa Pasaman

Dalam kesempatan reses kali ini, politikus PDIP ini memberikan bantuan modal sebesar Rp 1,2 juta kepada puluhan UMKM dan bantuan rehab kepada sejumlah rumah ibadah di sejumlah daerah yang meliputi Kampar, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan dan Kuantan Singingi (Kuansing).

Bantuan tersebut bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI). "Total dana yang disalurkan ke UMKM berjumlah Rp 2,4 miliar dalam setahun," sebutnya.

Hingga saat ini, kata dia sudah ada puluhan pelaku UMKM yang sudah mendapat bantuannya. Bantuan tersebut dalam bentuk hibah, sehingga tidak perlu mengembalikanya. "Yang penting pelaku UMKM bisa memutar bantuan modal tersebut. Apalagi pandemi Covid-19 banyak yang menghantam usaha mereka," tutur Marsiaman.

Baca juga : Tanggap Bencana, Pegadaian Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Syarat untuk mendapat modal usaha tidak sulit. Marsiaman menyebut, yang penting punya kelompok usaha dan sudah terdaftar di dinas koperasi, UMKM atau pariwisata di masing-masing daerah.

Nantinya, pihak Bank Indonesia yang akan menyeleksi dan memberi bantuan modal usaha tersebut secara langsung. "Kalau individu yang mengajukan bantuan modal tidak bisa, harus kelompok," terangnya.

Selain bantuan modal usaha, Marsiaman juga telah memberikan bantuan uang rehab di sejumlah rumah ibadah. Nilai bantuanya bervariasi antara Rp 25 juta hingga Rp 50 juta sesuai kebutuhan tempat ibadah.

Baca juga : Usaha Perajin Tahu Tempe Jalan Cuma Untuk Bertahan

"Saat ini sudah ada 2 tempat ibadah yang dibantu. Masih ada 50 tempat lagi yang menunggu bantuan selanjutnya," ungkap dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.