Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022

BPBD DKI Gelar Operasi Cegah Kebakaran

Selasa, 29 Maret 2022 15:07 WIB
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menggelar Operasi Kolaborasi Cegah Kebakaran. Acara dilaksanakan di Tambora, Jakarta Barat, Selasa (29/3).
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menggelar Operasi Kolaborasi Cegah Kebakaran. Acara dilaksanakan di Tambora, Jakarta Barat, Selasa (29/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menggelar Operasi Kolaborasi Cegah Kebakaran. Acara dilaksanakan di Tambora, Jakarta Barat, Selasa (29/3).

Kegiatan ini dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2022 yang akan diperingati pada 26 April 2022. Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah meluncurkan rangkaian kegiatan HKB Tahun 2022 dengan mengambil subtema “Keluarga Pilar Ketangguhan Bangsa Menghadapi Bencana”.

Berita Terkait : Kemendagri Sosialisasi Rancangan PKPU 2024 Ke Pemerintah Daerah

Kepala Pelaksana BPBD, Isnawa Adji mengatakan, kegiatan itu meliputi  Operasi Kolaborasi Cegah Kebakaran, Edukasi Pencegahan Kebakaran di Kawasan Rawan Kebakaran, Monitoring Lokasi Rawan Longsor, hingga Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana Lima Tahunan.

”Operasi kolaborasi ini akan menyasar rumah-rumah warga yang ada pada 11 kelurahan di Kecamatan Tambora yang masuk ke dalam kategori menengah ke bawah, dengan memprioritaskan pada wilayah yang saling berdekatan,” kata Isnawa Adji di Jakarta, Selasa (29/3).

Berita Terkait : Meutya Hafid Minta Kemlu Siapkan Rencana Evakuasi WNI Dari Ukraina

Kegiatan ini wujud kolaborasi dengan berbagai instansi atau unsur terkait. Dalam operasi ini, petugas gabungan akan melakukan pemeriksaan opal (pemeriksaan jaringan kabel udara hingga pemutusan aliran listrik illegal), pemeriksaan instalasi listrik dalam rumah, pemeriksaan regulator dan selang kompor gas, pemeriksaan alat cegah kebakaran, serta penentuan titik untuk perbaikan instalasi listrik bagi masyarakat kurang mampu.

Petugas juga akan menginventarisir titik-titik lokasi yang disinyalir rawan. Selain itu, mengimbau kepada warga atau pemilik rumah yang dianggap melanggar dan berpotensi menimbulkan kebakaran.

Berita Terkait : 7 Tim Menang Di Laga Perdana 32 Besar Liga 3

“Ini kami lakukan seiring dengan kondisi cuaca yang mulai memasuki pancaroba menuju musim kemarau, sesuai dengan prediksi yang dikeluarkan oleh BMKG. Semoga rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar,” kata Isnawa. (DRS)