Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang KTT G20, Komisi IX DPR Tinjau Kesiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai

Jumat, 28 Januari 2022 19:40 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali siap mendukung Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. CO.General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali, Ruly Artha (kiri) memberikan penjelasan kepada Rombongan Komisi IX DPR  terkait alur khusus yang akan dilalui oleh delegasi KTT G20. (Dok. Angkasa Pura I)
Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali siap mendukung Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. CO.General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali, Ruly Artha (kiri) memberikan penjelasan kepada Rombongan Komisi IX DPR terkait alur khusus yang akan dilalui oleh delegasi KTT G20. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara I Gusti Ngurah Rai - Bali menerima kunjungan kerja Komisi IX DPR dalam rangka peninjauan kesiapan bandara jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali akhir Oktober 2022.

Kunjungan kerja tersebut dimaksudkan untuk meninjau kesiapan layanan dan fasilitas bandara yang akan menjadi pintu gerbang utama keluar masuknya delegasi dari negara-negara peserta KTT G20.

Komisi IX juga menitikberatkan pada implementasi protokol kesehatan bagi delegasi serta pada pengguna jasa bandara secara umum.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, pada Hari Kamis (27/01) kemarin, Komisi IX DPR melakukan peninjauan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan implementasi protokol kesehatan, kualitas layanan, dan fasilitas bandara.

Mengingat event ini adalah agenda akbar kenegaraan yang akan dihadiri oleh sejumlah kepala negara, kepala pemerintahan, serta pejabat tinggi dari negara-negara anggota G20.

Baca juga : Rampung, Kolam Retensi Andir Dan Polder Mampu Kendalikan Banjir Di Bandung

Angkasa Pura I selaku pengelola bandara yang akan menangani kedatangan dan keberangkatan delegasi, memastikan kualitas layanan, fasilitas, dan implementasi protokol kesehatan dapat berjalan secara sesuai prosedur.

"Secara prinsip, Bandara I Gusti Ngurah Rai siap untuk mendukung dan menyambut penyelenggaraan KTT G20 pada bulan Oktober mendatang," ujar Faik Fahmi.

Terkait implementasi protokol kesehatan, petugas bandara telah menyiapkan jalur khusus untuk kedatangan dan keberangkatan delegasi, baik di Gedung VIP, Terminal Internasional, dan Terminal Domestik.

Di jalur tersebut nantinya akan dilengkapi dengan thermo scanner, serta akan diawaki oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang akan melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kesehatan syarat penerbangan.

"Kami juga telah menyiapkan parking stand khusus yang dialokasikan untuk parkir pesawat kenegaraan delegasi VIP," lanjutnya.

Dalam tinjauannya, Komisi IX DPR juga menyempatkan untuk meninjau Minilab PCR dan bilik pemeriksaan PCR yang akan digunakan dalam pemeriksaan PCR Test bagi delegasi yang baru tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga : Gelar Anev, Kapolri Instruksikan Jajaran Jangan Enggan Temui Warga

Bilik pemeriksaan PCR ini memiliki kemampuan untuk melakukan 930 tes dalam 1 jam.

Anggota Komisi IX DPR Krisdayanti menyatakan bahwa peninjauan ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan bandara selaku salah satu infrastruktur pendukung penting dalam event akbar nanti.

"Ini adalah salah satu tugas kami untuk melakukan pengawasan. Komisi IX DPR melihat kesiapan sebelum G20 berlangsung, candradimuka dari sebuah negara adalah airport, secara protokol kesehatan harus sesuai dengan regulasi. Karena itulah kami mengawasi dengan mendetail," ujarnya.

Krisdayanti juga turut berpesan kepada Angkasa Pura I untuk menjaga kualitas layanan.

"Untuk Angkasa Pura I, kesiapan sebagai tuan rumah kami tetap menginginkan kebersihan serta friendly. Artinya, semua informasi bisa didapatkan oleh para tamu dari seluruh Negara G20 dan tentunya harus memiliki standar operasional yang baik. Tentunya bangga Angkasa Pura I menjadi penerima tamu-tamu Internasional, jadi lakukan yang terbaik, buat yang terbaik buat Indonesia bangga," tutupnya.

Sebelumnya, pada akhir Desember tahun lalu, Menteri BUMN Erick Thohir juga melakukan kunjungan kerja ke Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga : RI Jadi Tuan Rumah KTT G20, Menteri BUMN Pastikan Keandalan Suplai Listrik Di BaliĀ 

Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada 28 Desember 2021 tersebut, Erick Thohir menyatakan pentingnya peran bandara dalam mensukseskan KTT G20.

Sebagai informasi, Bandara I Gusti Ngurah Rai dilengkapi runway dengan dimensi 3.000x45 meter, 47 parking stand (36 untuk pesawat narrow body dan 11 untuk pesawat wide body) di apron utara, 16 parking stand untuk pesawat narrow body di apron sisi selatan.

Terminal internasional seluas 126.205 m2, terminal domestik seluas 67.884 m2, gedung VIP, General Aviation Terminal (GAT), boarding pass scanner, autogate imigrasi.

Serta kios check-in mandiri, yang akan akan sangat membantu dalam penanganan delegasi peserta KTT G20 Tahun 2022, baik delegasi VVIP, VIP, maupun delegasi biasa.

Bandara I Gusti Ngurah Rai sendiri juga telah memiliki segudang pengalaman dalam mendukung pelaksanaan berbagai perhelatan akbar dunia, di antaranya adalah KTT APEC Tahun 2013 dan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Tahun 2018. [FAz]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.