Dark/Light Mode

Pemprov Kaji Perluasan Kawasan Ganjil Genap

Mobilitas Tinggi, Jakarta Macet Lagi Dan Berpolusi

Senin, 4 April 2022 07:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc).

 Sebelumnya 
“Pada waktunya akan diumumkan, sejauh mana kebijakan Gage akan diperluas,” ujarnya.

Menurut Riza, kemacetan juga berdampak buruk pada kualitas udara Jakarta. Pada Rabu (30/3), polusi udara di Jakarta berada di peringkat keempat kualitas udara terburuk di dunia.

Dalam laman IQAir, indeks kualitas udara Jakarta berada di level 166 AQI US. Kualitas udara Jakarta hanya lebih baik ketimbang New Delhi (India), Karachi dan Lahore (Pakistan).

Baca juga : Meski Puasa, Sahabat Ganjar Tetap Aktif Bagikan Bantuan

Sebagai informasi, Pemprov DKI menerapkan sistem Gage di 13 ruas jalan. Yakni, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Gatot Subroto, Jalan DI Panjaitan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan MT Haryono, Jalan Rasuna Said dan Jalan Gunung Sahari.

Kemudian, Jalan Tomang Raya, Jalan Jenderal S Parman mulai dari Simpang Jalan Tomang Raya sampai Jalan Gatot Subroto, serta Jalan Fatmawati mulai dari Simpang Jalan Ketimun 1 sampai Simpang Jalan TB Simatupang.

Sistem Gage berlaku Senin-Jumat mulai pukul 06.00 - 10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB. Aturan ini tidak berlaku pada Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

Baca juga : Tips Jalani Puasa Ramadhan Agar Tetap Fit dan Berenergi

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan, volume kendaraan di Jakarta mengalami peningkatan.

“Kalau dilihat dari persentase jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta, ada peningkatan 10 persen sampai 15 persen. Terutama di sore hari dan pagi hari,” kata Sambodo, Jumat (1/4).

Menurut Sambodo, peningkatan tersebut sudah terlihat sejak satu pekan lalu. Sejak Pemerintah mulai melonggarkan PPKM.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Bantuan Tunai Bagi 2,76 Juta PKL Dan Nelayan

Peningkatan itu karena anak sekolah mulai masuk. Lalu, makin menurunnya tingkat Covid-19 di mana beberapa perusahaan sudah mulai menerapkan Work From Office (WFO).

“Tentu ini akan menimbulkan peningkatan aktivitas,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.