Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bawa Sajam Dan Jimat Saat Demo

Dua Pemuda Diamankan Polisi

Senin, 11 April 2022 16:13 WIB
Puluhan Remaja yang diamankan Polda Metro Jaya. (Foto: Dede/RM)
Puluhan Remaja yang diamankan Polda Metro Jaya. (Foto: Dede/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya menjaga ketat aksi demonstrasi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Penjagaan untuk menghindari penyusup dan provokator yang ingin membuat rusuh.

Siang tadi, Polisi mengamankan puluhan pemuda yang hendak mengikuti aksi tersebut. Sebab, mereka kedapatan membawa senjata tajam hingga jimat.

"Mereka (yang diamankan) tidak jelas elemennya. Mereka sebagian besar datang tidak mewakili elemen manapun hanya karena imbauan yang cukup viral untuk datang ke tempat unjuk rasa," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat, Senin (11/4).

Baca juga : Kurang Tepat, Kalau Demo Ditujukan Ke Presiden

Dari puluhan remaja yang diamankan, terdapat dua orang yang diketahui membawa senjata tajam. Keduanya telah dibawa ke Polda Metro Jaya.

"Sementara dua orang membawa senjata tajam ini masih kami data. Masih berjalan," jelasnya.

Selain membawa senjata tajam, polisi juga menyita selongsong peluru yang dijadikan ikat pinggang dan jimat berupa kertas berisi tulisan arab yang disembunyikan di ikat pinggang.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Kecukupan Hidrasi Selama Puasa Ramadan

Puluhan remaja tersebut sebagian telah didata dan dibawa ke Polda Metro Jaya. Jika mereka terbukti tidak bersalah, maka akan dipulangkan.

Puluhan remaja itu diamankan di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Tubagus mengatakan, puluhan remaja tersebut berasal dari berbagai wilayah, mulai dari Jakarta, Bekasi, Bogor, hingga Cianjur.

“Saat ini di beberapa titik yang lain juga cukup banyak diamankan mereka yang tidak jelas elemennya, mereka sebagian besar datang tidak mewakili elemen," kata Tubagus.

Baca juga : Bapera Berangkatkan 1000 Pemuda Umrah Ke Tanah Suci

Untuk mengamankan aksi BEM SI dan elemen buruh di depan Gedung DPR RI dan Patung Kuda. Polda Metro Jaya menerjunkan 5.626 personil terdiri dari gabungan Polda Metro Jaya, Korbrimob Polri dan Kodam Jaya berjaga di kawasan Patung Kuda, Monumen Nasional. Sementara di DPR RI terdapat 1.200 personil. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.