Dark/Light Mode

Setelah 10 Jam, Banjir Akibat Luapan Ciliwung Di Jaktim Dan Jaksel Surut Total

Kamis, 5 Mei 2022 17:43 WIB
Petugas PPSU membersihkan sisa-sisa banjir akibat luapan Kali Ciliwung. (Foto: Berita Jakarta)
Petugas PPSU membersihkan sisa-sisa banjir akibat luapan Kali Ciliwung. (Foto: Berita Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir yang melanda 45 RT di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, Kamis pagi (5/5), kini sudah surut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan, banjir akibat luapan Kali Ciliwung itu kini telah surut total.

Awalnya, banjir itu melanda 45 RT mulai pukul 04.00 WIB. Kemudian, pada pukul 09.00, banjir di 10 RT sudah surut dan daerah lainnya berangsur kering. Menurut Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, 35 RT yang tergenang tersebut akhirnya surut total pada pukul 14.00. Artinya, banjir surut total setelah 10 jam menggenang.

Baca juga : Pecah Rekor, 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

“Genangan saat ini sudah kering seluruhnya. Sudah selesai ditangani oleh Dinas SDA (Sumber Daya Air), Gulkarmat (Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan), dan PPSU (Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) kelurahan setempat,” ungkap Isnawa, Kamis (5/5), seperti dikutip Berita Jakarta.

Isnawa menjelaskan, sebelumnya sebanyak 35 RT dari 30.470 RT di Jakarta (0,115 persen) masih tergenang sampai pukul 09.00. Rinciannya, 26 RT di Jakarta Timur (Jaktim) dan 9 RT di Jakarta Selatan (Jaksel).

Baca juga : Sahkan UU TPKS, Puan Banjir Papan Bunga Ucapan Terima Kasih

Puluhan RT yang sempat tergenang itu tersebar di Kelurahan Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu, Pejaten Timur, Rawajati, dan Kebon Baru. “Ketinggian genangan  sebelumnya berkisar 40 sampai 125 sentimeter. Sekarang sudah surut semua,” tandas Isnawa. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.