Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komitmen Kesetaraan Gender

Kapolda Metro Jaya Lantik 8 Kapolsek Wanita

Selasa, 24 Mei 2022 15:13 WIB
Kepala Kepolisian Polda (Kapolda) Metro Jaya Irjen Fadil Imran melantik 28 Kapolsek di wilayah Jakarta dan sekitarnya, 8 diantaranya merupakan Polisi Wanita. (Foto: Istimewa)
Kepala Kepolisian Polda (Kapolda) Metro Jaya Irjen Fadil Imran melantik 28 Kapolsek di wilayah Jakarta dan sekitarnya, 8 diantaranya merupakan Polisi Wanita. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Kepolisian Polda (Kapolda) Metro Jaya Irjen Fadil Imran melantik 28 Kapolsek di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dari 28 Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) itu, 8 di antaranya merupakan Polisi Wanita (Polwan). Pelantikan Kapolsek yang digelar di Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ), Selasa (24/5) ini merupakan kali pertama. Biasanya pelantikan Kapolsek dilakukan oleh Kapolres.

“Menjadi pagi yang spesial buat saya, karena pagi ini saya melantik langsung 28 Kapolsek dan menjadi istimewa karena saya berkesempatan melantik 8 orang polisi wanita untuk menjadi Kapolsek di jajaran Polda Metro Jaya," kata Fadil dalam sambutannya.

Baca juga : HNW Kritik Keras Pengibaran Bendera LGBT Di Kedubes Inggris

Fadil menyebut, 8 Polwan yang dilantik menjadi Kapolsek ini merupakan bentuk komitmenya terkait kesetaraan gender. Kata dia, seorang perempuan juga bisa menjadi seorang pemimpin. Karenanya, dalam mutasi kali ini, Fadil pun menempatkan beberapa Polwan di Polsek yang sebelumnya hanya dijabat oleh laki-laki.

Fadil menilai, sosok perempuan memiliki sejumlah kelebihan. Mulai dari sensitivitas terhadap kekerasan dan kejahatan seksual yang lebih tinggi hingga jiwa anti kekerasan yang tinggi.

Baca juga : 2 Lokasi SIM Keliling Polda Metro Hari Ini, Cek Di Sini

"Buktikan itu dan bagi saya Polwan dan laki-laki semua adalah setara, kejahatan perkotaan selama ini didominasi oleh pelaku yang masih berstatus sebagai anak. Saya minta kelebihan anda sebagai seorang ibu digunakan dalam melakukan pendekatan untuk mereduksi kejahatan yang melibatkan," tuturnya.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini juga menyampaikan bahwa mutasi untuk memberikan pengalaman baru kepada para anggota yang selama ini hanya bergulat di bidang reserse, intelijen, ataupun lalu lintas.

Baca juga : Inggris Ngeselin

“Yang selama ini tidak pernah kongkow dengan warga, yang biasanya menangkap tersangka mengungkap kejahatan, rasakan nikmatnya bersenda gurau bersama warga menghadapi persoalan. Anda sebagai seorang pelayan masyarakat lebih terasa di situ, dan bagi saya itu adalah sebuah keindahan," ucap Fadil. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.