Dark/Light Mode

Jokowi Minta Para Menteri Stop Bicara Penundaan Pemilu

Koalisi Senang Oposisi Girang

Kamis, 7 April 2022 06:50 WIB
Presiden Jokowi memberikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna, Selasa (05/04/2022), di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Agung).
Presiden Jokowi memberikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna, Selasa (05/04/2022), di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Agung).

RM.id  Rakyat Merdeka - Panasnya isu penundaan pemilu yang digulirkan para menteri dan partai koalisi beberapa pekan terakhir, bikin Presiden Jokowi gerah. Kemarin, Jokowi meminta para menteri stop bicara penundaan pemilu juga soal perpanjangan jabatan presiden. Jokowi meminta para menteri fokus menangani berbagai gejolak ekonomi. Sikap Jokowi ini membuat koalisi senang, oposisi juga girang.

Sikap tegas Jokowi itu disampaikan saat membuka Sidang Kabinet Paripurna, di Istana, Selasa (5/4) lalu. Namun, videonya baru di-share Sekretariat Kabinet, kemarin, di akun YouTube-nya.

Jokowi yang mengenakan setelan kemeja putih lengan panjang itu, awalnya menyinggung soal masalah ekonomi, mulai dari kenaikan harga minyak goreng alias migor, sampai harga Pertamax. Jokowi pun menyentil para menteri ekonomi yang pelit bicara soal kenaikan harga-harga kepada masyarakat.

Baca juga : Luhut Disuntik Vaksin Cak Imin Urusin Reog

Nah, saat akan menutup pidatonya, Jokowi menyinggung soal gaduh wacana perpanjangan jabatan presiden dan presiden 3 periode.

“Jangan menimbulkan polemik di masyarakat. Fokus bekerja dalam penanganan-penanganan kesulitan yang kita hadapi,” ucap Jokowi, pelan dengan menatap ke arah para pembantunya. “Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan lagi mengenai urusan penundaan, perpanjangan, ndak,” tambah Jokowi, lalu menutup pidato.

Mendengar sentilan itu, nyaris tak ada menteri yang berani menatap wajah Jokowi. Mereka sibuk mencatat. Menko Polhukam Mahfud MD hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang sesekali melirik Jokowi, juga sigap memainkan balpoin di atas buku saku masing-masing.

Baca juga : Fokus Kerja, Jokowi Larang Menteri Bicara Perpanjangan Jabatan Presiden

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang selama ini gencar ngomongin perpanjangan jabatan presiden, juga ikut mencatat pesan Jokowi.

Lalu apa kata Istana soal sikap Jokowi tersebut? Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko memaknai, penekanan Jokowi di akhir pidatonya yang menyoal para menteri yang terlibat polemik penundaan penundaan pemilu, bernada perintah. “Jelas, ini adalah penekanan dalam Ratas (sidang kabinet), penekanan. Perintah itu,” ucap Moeldoko, di Bina Graha, Jakarta, kemarin.

Karena itu, dia juga meminta, publik untuk menyudahi polemik wacana 3 periode. Pemerintah, sebutnya, saat ini sedang fokus bekerja dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dan mengantisipasi dampak akibat dari perang antara Rusia dengan Ukraina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.