Dark/Light Mode

Formula E, Sirkuit Jakarta Bisa Repotkan Pembalap

Kamis, 2 Juni 2022 07:14 WIB
Ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta. (Foto : Bpk.dki.go.id)
Ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta. (Foto : Bpk.dki.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertama kali ajang balap mobil listrik Formula E mampir ke Asia Tenggara dengan hadir di Jakarta. Ini akan membawa kegembiraan sekaligus tantangan tersendiri bagi para pembalap.

Pasalnya, belum ada satu pun dari pebalap pernah menjajal sirkuit yang baru saja selesai dibangun di bagian utara ibu kota itu.

Chief Executive Officer (CEO) Formula E Jamie Reigle dalam konferensi pers virtual, kemarin mengatakan kehadiran sirkuit baru justru baik untuk menguji kemampuan para pebalap.

Baca juga : Harlah Ke-51, Hikmahbudhi Ajak Kader Bumikan Pancasila

Jamie sangat bersemangat karena ini pertama kalinya balapan di Jakarta. Timnya sudah berkunjung akhir 2021, dan sirkuitnya belum dibangun.

“Kita semua tahu, itu adalah sirkuit baru yang benar-benar disukai para pebalap karena itu berarti mereka dapat menjajal lingkungan baru,” ujarnya.

Dari segi desain sirkuit, Jamie mengungkapkan, sirkuit Jakarta memang dirancang untuk Formula E, sehingga cukup cepat dengan banyak tikungan bagus yang seharusnya begitu seru.

Baca juga : Tiket Formula E Rp 250 Ribu Bebani Pengunjung Ancol

“Sampai nanti, kita tidak akan tahu pasti bagaimana balapannya. Itulah mengapa sulit untuk diprediksi. Ya, bisa saja merepotkan pebalap,” ucap Jamie.

Ke depannya, Jamie berharap, sirkuit itu dapat digunakan dalam Formula E selanjutnya. Sebab, menurut dia, sirkuit itu telah dirancang sedemikian rupa untuk “tumbuh” saat ajang balap mobil listrik itu kembali ke Indonesia dalam beberapa tahun.

Jamie mengaku, telah memiliki kemitraan jangka panjang dengan Pemerintah Jakarta. “Kami ingin kembali setiap tahun, sangat penting bagi kami untuk memiliki kelanjutan di kejuaraan ini,” kata Jamie.

Baca juga : Jakarta Klaim Ikut Kampanyekan Energi Ramah Lingkungan

Ditambahkan, Formula E baru saja menandatangani kemitraan selama lima tahun dengan Monaco. “Kami ingin Jakarta jadi bagian dari kalender itu untuk waktu lama. Kami memiliki kesepakatan jangka panjang untuk kembali lagi.”

“Saya pikir itu sebabnya Pemerintah Jakarta melakukan investasi di sirkuit baru, dan area yang seharusnya jadi area pengembangan keseluruhan untuk olahraga, dan mobil adalah bagian dari itu. Semoga kami memiliki akhir pekan pertama yang baik, “ ujarnya.

Balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, akan berlangsung 4 Juni mendatang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.