Dark/Light Mode

Tiket Formula E Rp 250 Ribu Bebani Pengunjung Ancol

Jumat, 27 Mei 2022 19:45 WIB
Ilustrasi balapan Formula E. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi balapan Formula E. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai mewajibkan membeli tiket Formula E Rp 250 ribu untuk masuk kawasan Ancol sangat membebani pengunjung.

Kepala Bidang (Kabid) Pengaduan YLKI Aji Warsito mengatakan, hak konsumen yang dilanggar terutama hak untuk mendapatkan layanan tanpa adanya diskriminasi.

Baca juga : Sebanyak 386.000 Wisatawan Kunjungi Ancol

"Walaupun ada event internasional Formula E, seharusnya dari pihak Ancol dan panitia memberikan informasi jauh-jauh hari kepada konsumen. Jangan sampai konsumen sudah membeli tiket masuk Ancol tanggal 4 nanti, tetapi tidak bisa memasuki area Ancol dan malah dibebani untuk membeli tiket Formula E," ujarnya saat dihubungi, Jumat (27/5).

Menurut dia, kebijakan ini seperti memaksa warga yang ingin berwisata ke Ancol untuk membeli tiket Formula E. Pasalnya, wahana atau permainan di Ancol tetap beroperasi dan melayani pemilik tiket Jakarta Eprix.

Baca juga : Tiket Formula E Rp 250 Ribu, Ayo Siapa Mau Borong

Informasi Ancol ditutup untuk umum pada 4 Juni 2022, diunggah akun Instagram @ancoltamanimpian. “Yang bisa masuk Ancol hanya khusus pemilik tiket Jakarta Eprix saja. Tiketnya hanya dijual melalui ancol.com dan jakartaeprixofficial.com,” tulis akun tersebut.

Pada tanggal itu, annual pass, 6-month pass, member, komplimen, dan vip pass tidak bisa digunakan. Jika tetap ingin masuk Ancol, diharuskan membeli tiket Ancol Festival Rp 250.000. Dengan tiket tersebut, selain bisa nonton Jakarta Eprix 2022 melalui layar besar, pengunjung juga dapat menikmati seluruh unit rekreasi Ancol. Seperti Dunia Fantasi, Seaworld Ancol, Ocean Dream Samudra dan Atlantis Water Adventures.

Baca juga : Kepala BNPT Cek Kelayakan Pengamanan Dari Ancaman Terorisme

“Untuk tanggal 5 Juni dan seterusnya Ancol dan seluruh unit rekreasi di dalamnya sudah dibuka kembali,” jelasnya.

Informasi yang diunggah akun Instagram @ancoltamanimpian ini pun dikomentari sejumlah netizen. “Katanya tutup, tapi buka kalau bundling Eprix. Kebijakan yang aneh alias maksain,” sindir akun @ibrahim_ichwan. “Diskriminasi,” sahut akun @mrizqinaya. “Kalau sudah beli tiket masuk Ancol via ecommerce, gimana min?” tanya akun @flomarst. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.