Dark/Light Mode

Diduga Bobotoh, Polisi Amankan 30 Suporter

Rabu, 10 Juli 2019 14:27 WIB
Ilustrasi bobotoh atau suporter Persib Bandung (Foto: Istimewa)
Ilustrasi bobotoh atau suporter Persib Bandung (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polisi mengamankan 30 suporter yang diduga Bobotoh alias suporter Persib , yang menyusup dari Sukabumi, Jawa Barat. Mereka diamankan karena hendak menonton pertandingan Persija Vs Persib di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7). Pertandingan tersebut akan dimulai pada pukul 15.30 WIB.

"Ada 30 penyusup dari Sukabumi pakai atribut Jakmania, tapi dia suporter Persib. Itu masih kami identifikasi,” ujar Wakapolres Jakarta Pusat, Arie Ardian, Rabu (10/7).

Menurut pihak kepolisian, bobotoh tersebut masuk kategori "di bawah umur".

Baca juga : Cegah Masa Demo di MK, Polisi Sekat Pintu Masuk ke Ibukota

Terkait hal ini, Arie menegaskan pasukan pengamanan harus ekstraketat.  Jangan sampai, ada kericuhan di dalam stadion.

Pihak kepolisian juga sudah menjaga 23 titik di perbatasan antara Karawang sampai Bekasi untuk menghindari masuknya bobotoh ke Jakarta. “Personel di GBK bekerja beberapa jam. Namun, di perbatasan sudah siaga sejak kemarin. Mereka memantau perjalanan suporter di perbatasan,” tutur Arie.

Seperti diketahui, sengitnya duel Persija versus Persib kerap berujung insiden atau bentrokan. Dalam pertemuan terakhir kedua klub pada 23 September 2018, suporter Persija yang bernama Haringga Sirla tewas dikeroyok sejumlah oknum suporter di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Baca juga : Tim Gabungan Sodorkan Sejumlah Nama Polisi Pada Novel

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengeluarkan surat imbauan terhadap bobotoh Persib agar tidak datang ke Jakarta, demi alasan keamanan. Surat yang ditujukan untuk Persib itu dituangkan ke dalam surat bernomor 216/LIB/VII/2019 tanggal 5 Juli 2019.

Imbauan agar bobotoh tak datang ke Jakarta saat pertandingan Persija versus Persib, juga datang dari Polda Jawa Barat dalam surat bernomor bernomor B/4128/VII/PAM.3.3/2019, tentang Permohonan Bantuan Koordinasi agar Suporter Persib Tidak Datang ke Jakarta, tertanggal 8 Juli 2109.

Terkait hal ini, Ketua Bidang Pengamanan Panpel Persija Dicky Milano memastikan pihaknya telah menyiagakan 12 ribu lebih personel untuk mengamankan jalannya pertandingan big match tersebut. "Dari pihak panpel, kami sudah menyiapkan 12.400 personel keamanan untuk pertandingan ini," ujarnya di Rasuna Office Park, Kuningan, Jakarta, Senin (8/7).[HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.