Dark/Light Mode

Warga Diimbau Disiplin Prokes

Waspada, Jakarta Bakal Masuki Puncak Covid-19

Jumat, 1 Juli 2022 07:30 WIB
Warga mengantre untuk menerima vaksin booster di Sekretariat RW02, Jati Padang, Jakarta, Selasa (28/6), dalam rangka Hut Bhayangkara ke-76 Polsek Pasar Minggu. 
Bagi masyarakat yang divaksin booster, mendapatkan Beras, Minyak Goreng dan Gula secara gratis. (Foto: RIZKI SYAHPUTRA/RM).
Warga mengantre untuk menerima vaksin booster di Sekretariat RW02, Jati Padang, Jakarta, Selasa (28/6), dalam rangka Hut Bhayangkara ke-76 Polsek Pasar Minggu. Bagi masyarakat yang divaksin booster, mendapatkan Beras, Minyak Goreng dan Gula secara gratis. (Foto: RIZKI SYAHPUTRA/RM).

 Sebelumnya 
Kunci Pencegahan

 Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menuturkan, masyarakat tak perlu mempersoalkan apa pun varian Covid-19 yang ada sekarang. Sebab, apa pun subvarian Covid-19 yang bermutasi, kunci pencegahan dan cara mengatasinya tetap sama.

Baca juga : Kabar Baik, Penyandang Disabilitas di Jakarta Bakal Dapat Layanan Daycare

Menurutnya, jika terpapar subvarian BA.4 dan BA.5 tidak perlu panik. Cukup isolasi mandiri. Meski begitu, dia meminta masyarakat tetap waspada.

“Penting untuk tetap tenang, tidak cemas, jangan panik, karena kita punya pengalaman menghadapi varian baru Covid,” kata Syahril.

Baca juga : Lama Dicekal, Kini Marcos Jr Bakal Disambut Paman Sam

Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengungkapkan, prokes adalah kunci menghadapi Covid-19, apa pun subvariannya.

“Sebenarnya kita sudah belajar kunci kesehatannya, dengan prokes dan vaksinasi. Ini harus dilakukan, dilaksanakan, dan disiplin,” ingatnya.

Baca juga : Lestari: Waspada Meningkatnya Kembali Kasus Covid-19!

Reisa mengimbau masyarakat tidak lupa melakukan vaksinasi lengkap plus booster, tanpa perlu pilih-pilih jenis atau merek vaksin.

“Booster berguna untuk meningkatkan kembali memori antibodi terhadap virus. Jadi akan menurunkan risiko terpapar dan juga menurunkan risiko gejala berat jika terinfeksi,” jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.